Ini Cara Polres Sukabumi Kota Tarik Lansia untuk Divaksin

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Fakhruddin

Petugas Polres Sukabumi Kota memberikan bingkisan kepada warga lansia yang menjalani vaksinasi di Gedung BBPBAT Kota Sukabumi, Selasa (19/10).
Petugas Polres Sukabumi Kota memberikan bingkisan kepada warga lansia yang menjalani vaksinasi di Gedung BBPBAT Kota Sukabumi, Selasa (19/10). | Foto: dok. Polres Sukabumi Kota

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI -- Sejumlah cara dilakukan untuk memotivasi kalangan lanjut usia (lansia) untuk divaksinasi Covis-19. Salah satunya yang digagas Polres Sukabumi Kota yang memberikan bingkisan sembako kepada sejumlah warga lansia agar antusias menjalani vaksinasi.

Kegiatan tersebut tepatnya digelar di gerai vaksin presisi Polres Sukabumi Kota di gedung BBPBAT, Jalan Selabintana Kelurahan Selabatu Kecamatan Cikole Kota Sukabumi, Selasa (19/10). Bingkisan sembako tersebut disiapkan Polres Sukabumi Kota sebagai bentuk motivasi untuk mengajak para warga lansia untuk mendukung penanganan Covid-19 melalui vaksinasi.

"Gerakan ini adalah bentuk kepedulian sekaligus motivasi dari Polres Sukabumi Kota untuk memberikan bingkisan sembako bagi warga lansia di atas 60 tahun yang ikut vaksinasi," ujar Kapolsek Cikole Kompol Nanang R Subarna, Selasa. Pelaksanaan vaksinasi dilakukan dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yakni warga dan petugas wajib menggunakan masker serta mengatur jarak agar tidak berkerumun.

Gerai vaksin presisi yang digelar sejak Selasa pagi hingga siang hari tersebut melayani vaksinasi dosis ke-1 dan dosis ke-2 dengan menggunakan jenis vaksin Sinovac. Vaksinasi tersebut dengan menyasar ratusan peserta dari warga masyarakat Kota maupun Kabupaten Sukabumi.

Di mana dari jumlah sasarannya 500 orang. Namun karena pendatangnya lebih banyak dari surat pendaftaran yang ada, sehingga ditambah sebanyak 150 orang lagi.

Menurut Subarna, antusiasme warga Kota maupun Kabupaten Sukabumi terhadap kegiatan vaksinasi yang digelar gerai vaksin presisi Polres Sukabumi Kota tersebut sangat baik. " Alhamdulilah untuk Kota Sukabumi, responnya sudah sangat baik,'' cetus dia.

Hal ini terlihat dengan banyaknya peserta vaksinasi dari warga lansia dan umum. Subarna juga mengimbau kepada seluruh masyarakat yang masih belum menjalani vaksinasi agar segera mengikutinya di puskesmas maupun gerai vaksin yang terdekat.

Sebelumnya, pelaksanaan gebyar vaksinasi khusus lansia dengan memberikan bingkisan juga digelar di halaman Mako Polsek Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kamis (14/10) lalu. '' Kegiatan gebyar seribu vaksin tersebut merupakan salah satu bentuk sinergitas polri dengan pemerintah dalam mempercepat pencapaian presentase vaksinasi,'' ujar Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY Zainal Abidin.

Di mana kegiatan vaksinasi sebanyak 1.000 dosis ini dikhususkan untuk lansia. Zainal mengatakan, terobosan kreatif dalam vaksinasi dengan memberikan paket sembako bagi lansia yang mau hadir dan melaksanakan vaksinasi.

Sehingga upaya ini merupakan daya tarik tersendiri dan terlihat antusiasme warga lansia disini sangat luar biasa. Di sisi lain lansia yang kurang mampu diharapkan dapat terbantu dengan adanya bantuan bingkisan tersebut.

Zainal juga menekankan, selain mengikuti vaksinasi warga juga harus tetap menerapkan protokol kesehatan dalam pencegahan penyebaran Covid-19. Khususnya menggunakan masker ketika keluar rumah.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Masyarakat Diajak Berantas Hoaks Vaksin Covid-19

Divaksinasi Covid-19, Orang Cenderung tak Menyebarkan Virus

Dinkes Tulungagung Gelar Vaksinasi Lansia Berhadiah Telur

Vaksinasi Siswa Sekolah Dasar Jelang PTM Terbatas

Jokowi Minta Capaian Target Vaksinasi Terus Dikejar

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image