Kamis 21 Oct 2021 12:34 WIB

Wapres: Meski Covid Menurun, Kita Belum Merasa Aman

Prokes dan vaksinasi adalah dua hal penting yang harus terus dilaksanakan.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ilham Tirta
Wakil Presiden Maruf Amin.
Foto: Dok KIP/Setwapres
Wakil Presiden Maruf Amin.

REPUBLIKA.CO.ID, SITUBONDO -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin mendorong agar berbagai upaya pengendalian Covid-19 terus dilakukan. Hal ini untuk mempertahankan kondisi kasus Covid-19 yang saat ini sudah menurun dan mencegah terjadinya lonjakan gelombang ketiga.

"Walaupun tingkat penularan sekarang ini sudah mulai turun, berbagai upaya yang dilakukan pemerintah, tetapi kita belum merasa aman," ujar Wapres saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iya, Situbondo, Jawa Timur, Kamis (21/10).

Wapres meminta agar semua pihak tetap mengantisipasi kemungkinan terjadinya lonjakan-lonjakan kasus Covid-19, yakni gelombang ketiga seperti yang terjadi di beberapa negara lain. Ma'ruf menekankan dua hal yang perlu dilakukan, yaitu menjaga protokol kesehatan dan mempercepat upaya vaksinasi. Prokes yang dimaksud adalah memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan.

Dua hal ini dinilai sangat penting, khususnya vaksinasi demi mencapai target kekebalan kelompok atau herd immunity, yakni 70 persen dari jumlah penduduk yakni 200,8 juta. "Untuk mengejar itu, maka kita melakukan percepatan-percepatan vaksinasi yaitu dalam rangka menjaga, kalau dalam agama kita melaksanakan prinsip menjaga diri sendiri itu merupakan kewajiban dan jadi salah satu tujuan syariah Islam sehingga kita perlu mengupayakan itu," ujarnya.

Karena itu, Ma'ruf mengapresiasi Pesantren Salafiyah Syafi’iya yang ikut dalam upaya mempercepat vaksinasi Covid-19 secara nasional dengan melakukan vaksinasi dengan target sebanyak 1.000 peserta pada hari ini. Wapres mendorong vaksinasi ini dilakukan tidak hanya untuk para warga santri, tetapi juga masyarakat sekitar.

"Saya menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran ponpes yang pada hari ini menggelar vaksinasi. Mudah-mudahan ini jadi upaya kita dalam rangka supaya kita bisa bekerja dan bisa mengembalikan situasi jadi normal kembali sehingga dalam bekerja, belajar, berkegiatan, bergerak di bidang ekonimi kida tidak terganggu lagi," ujar Wapres.

Ma'ruf juga sekaligus memantau vaksinasi massal se-Kabupaten Situbondo, Kamis (21/10), melalui konferensi video. Wapres mengapresiasi peran berbagai pihak dalam percepatan vaksinasi Covid di Situbondo yang kini sudah mencapai 52 persen.

"Adanya peran berbagai pihak dari semula vaksinasi di Situbondo hanya 16 persen, saat ini sudah 52 persen," kata Wapres.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement