Kamis 21 Oct 2021 12:48 WIB

ITB Gelar Job Fair Virtual, Perusahaan Besar Ikut Terlibat

Sejumlah perusahaan besar terlibat dalam ajang pencarian dan penerimaan pekerjaan.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Ilham Tirta
Ilustrasi job fair.
Foto: Republika/Edi Yusuf
Ilustrasi job fair.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sejumlah perusahaan besar terlibat dalam kegiatan job fair online yang diselenggarakan Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung (ITB) pada Kamis (21/10). Para pelamar yang ingin mengetahui lowongan kerja dapat mengakses website virtualfair.itb.ac.id.

Direktur ITB Career Center, Sonny Rustiadi mengatakan pihaknya telah melaksanakan Job Fair ITB yang ketiga kali secara daring di masa pandemi Covid-19. Sejumlah perusahaan besar turut terlibat dalam kegiatan yang akan berlangsung hingga tanggal 27 Oktober, seiring pemulihan ekonomi yang berangsur membaik.

"Pelaksanaan Virtual ITB Integrated Career Days ini komitmen dan upaya ITB membantu mengurangi angka pengangguran dan membantu pemulihan ekonomi masyarakat," ujarnya melalui keterangan resmi, Kamis (21/10).

Ia menuturkan, jumlah pengangguran yang berasal dari lulusan universitas meningkat dari 5,7 persen menjadi 6,97 persen dari bulan Februari 2020 ke Februari 2021 berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS). Bahkan, lembaga ekonomi memproyeksikan peningkatan hingga 7,35 persen pada Agustus kemarin. Karena itu, pihaknya menggelar ITB Job Fair Virtual.

"Kabar baiknya, perusahaan-perusahaan hebat terlibat ambil bagian dalam misi kebangkitan ekonomi,” katanya. Kegiatan job fair diharapkan dapat menjembatani para pencari kerja baik alumni maupun dari alumni kampus lain.

“Kolaborasi antara ITB dengan berbagai mitra merupakan kerja sama dan kolaborasi yang baik untuk memudahkan masyarakat memperoleh pekerjaan," katanya. Sonny menyebut, banyak mereka yang masih belum mendapatkan pekerjaan berusia 20 tahun hingga 24 tahun.

Ia menambahkan, terdapat ratusan lowongan pekerjaan dari 18 perusahaan nasional dan multinasional yang terlibat dalam Job Fair ITB. Perusahan-perusahaan tersebut di antaranya Paragon, April Group, L’Oreal Indonesia, PT Bank Danamon Indonesia, dan Coca-Cola Europacific Partners Indonesia Cargill.

Kemudian, Sinar Mas Mining, Formulatrix, Gits.id, Samsung R&D Institute Indonesia, MUFG Bank, Ltd, (Jakarta Branch), Multipolar Technology, Tbk, Indonesia Stock Exchange, Shopee, Garena, UOB Indonesia, Segari dan PT Toyota Astra Motor. Sonny berharap bursa kerja dapat menjadi perantara bagi lulusan ITB untuk terjun ke dunia usaha dan dunia industri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement