Jumat 22 Oct 2021 12:45 WIB

Wisatawan Tenggelam di Selatan Sukabumi Ditemukan Meninggal

Korban pagi ini ditemukan tim SAR gabungan dan langsung dievakuasi.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Andi Nur Aminah
Korban kapal tenggelam (ilustrasi).
Foto: Antara
Korban kapal tenggelam (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Tim SAR gabungan akhirnya menemukan wisatawan yang tenggelam di Pantai Karang Naya, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi dalam keadaan meninggal dunia. Korban ditemukan pada Jumat (22/10) sekitar pukul 08.47 WIB pada radius 3 NM dari lokasi kejadian, tepatnya di sekitar Balai Desa Citepus, Kabupaten Sukabumi.

"Korban pagi ini ditemukan tim SAR gabungan dan langsung dievakuasi menuju RSUD Palabuhanratu untuk penanganan selanjutnya kemudian akan diserahkan kepada pihak keluarga," ujar Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta selaku SAR Mission Coordinator (SMC) dalam operasi SAR, Hendra Sudirman. Ia mengungkapkan turut berbelasungkawa atas musibah yang dialami korban.

Baca Juga

Hendra menghimbau kepada seluruh wisatawan agar memperhatikan alat keselamatan serta cuaca dan ombak apabila sedang berlibur di pinggir pantai. Harapannya supaya musibah yang sama tidak terulang lagi.

Sebelumnya kata Hendra, pada Jumat pagi upaya pencarian dilanjutkan oleh tim SAR gabungan dengan membagi area menjadi 3 (tiga) search rescue unit (SRU). Di mana SRU pertama melakukan upaya pencarian dengan penyisiran di air menggunakan perahu karet dengan radius kurang lebih 3 NM dari lokasi kejadian.

SRU kedua melakukan pencarian dengan penyisiran di air menggunakan speedboat PolAir dan perahu Jukung Sarda Sukabumi dengan radius 4 NM dari lokasi kejadian. Terakhir SRU ketiga melakukan pencarian dengan penyisiran melalui jalur darat di sepanjang bibir pantai hingga radius 8 KM dari lokasi kejadian.

Pencarian pada Jumat ini juga kata Hendra, dengan melibatkan personel SAR gabungan yang terdiri dari Pos SAR Sukabumi, Polair Polres Sukabumi, Pos TNI AL Palabuhan Ratu, Polsek Cikakak, Kecamatan Cikakak, BPBD Kota Sukabumi, BPBD Kabupaten Sukabumi, Damkar Sukabumi, Sehati, Pramuka Peduli Sukabumi, BKPB-PP Kota Sukabumi, Attaubah Herbalis Rescue, SAR Khatulistiwa, dan ACT Sukabumi.

Selain itu FAJI, Catatan Cakrawala, CBP, Relawan tanpa nama, RAPI, SIBERU, Panthera, Sarda Kabupaten Sukabumi, VTB, Rumah Zakat, Hotel SBH, SSV, IEA, dan masyarakat. Sebelumnya diketahui korban bernama Usep Munawar (27) warga Kota Sukabumi tenggelam ketika sedang berenang pada rabu (20/10) sekitar pukul 15.30 WIB di pantai Karang Naya, Sukabumi, Jawa Barat. Korban kemudian diterjang ombak dan terseret ke tengah laut hingga akhirnya tenggelam dan masih dilakukan pencarian oleh tim SAR gabungan.n riga nurul iman

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement