Vaksinasi Tembus 84 Persen, Sukabumi Kejar Vaksin Lansia

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Fakhruddin

Vaksinasi Tembus 84 Persen, Sukabumi Kejar Vaksin Lansia (ilustrasi).
Vaksinasi Tembus 84 Persen, Sukabumi Kejar Vaksin Lansia (ilustrasi). | Foto: ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI -- Cakupan vaksinasi dosis kesatu untuk warga di Kota Sukabumi telah mencapai sekitar 84.10 persen. Selanjutnya Pemkot Sukabumi kini fokus pada pencapaian target vaksinasi untuk kalangan lanjut usia.

Data dari Dinas Kesehatan Kota Sukabumi menyebutkan, dari total sasaran vaksinasi sebanyak 269.834 orang yang sudah divaksin dosis kesatu sebanyak 226.918 orang atau 84.10 persen. Sementara vaksinasi dosis kedua mencapai sebanyak 115.516 orang atau 42.81 persen.

''Cakupan vaksinasi di Kota Sukabumi untuk dosis satu di angka 84.10 persen dan dosis dua 42.81 persen,'' ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi Lulis Delawati, Senin (25/10). Di mana berdasarkan instruksi menteri dalam negeri (Inmendagri) indikator level PPKM salah satunya dari capaian vaksinasi.

Saat ini kata Lulis, Kota Sukabumi masuk dalam PPKM Level dua. Di mana untuk masuk ke PPKM Level 1 harus memenuhi indikator vaksinasi di atas 70 persen dan ini sudah dipenuhi.

Namun lanjut Lulis, ada indikator lainnya yang harus dipenuhi, yakni cakupan vaksinasi lansia harus mencapai 60 persen. Sementara di Kota Sukabumi masih di angka 44.74 persen atau 12.187 untuk dosis satu dan sebanyak 7.804 atau 28.65 persen untuk dosis dua.

Di sisi lain ungkap Lulis, untuk indikator kapasitas respons dan laju penularan sudah dinilai level 1. Akan tetapi indikatornya sesuai inmendagri ditambah vaksinasi.

Di mana kata Lulis, untuk bisa ke level 1 indikator vaksinasi dosis 1 total lebih dari 70 persen dan vaksinasi lansia dosis 1 lebih dari 60 persen.

Sehingga lanjut Lulis, Kota Sukabumi memang direkomendasikan untuk bisa ke PPKM level 1 dengan mengejar target vaksinasi lansia. Semangat untuk mencapai PPKM Level 1 sangat tinggi dan optimistis dengan mengajak kepada warga Kota Sukabumi khususnya yang lansia agar mau divaksinasi.

''Saat ini Kota Sukabumi masuk Level 2 dan direkomendasikan masuk PPKM Level 1,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi. Hal ini disampaikan dalam Rapat Koordinasi Kewilayahan terkait peranan dan fungsi ketua RT/RW dalam administrasi pemerintahan dan pelaksanaan program pemberdayaan rukun warga (P2RW) digelar di Kecamatan Lembursitu, Senin.

Dalam momen tersebut Wali Kota Sukabumi berharap dukungan RT/RW agar Kota Sukabumi bisa masuk ke PPKM Level 1. Sebab meskipun saat ini masuk Level 2 masih tetap ada pembatasan-pembatasan dalam aktivitas.

Mudah-mudahan dengan dukungan RT/RW dan BKM bisa masuk PPKM Level 1 sesuai dengan yang diharapkan. Sehingga warga harus tetap waspada jangan sampai naik lagi ke Level 3 dan berharap masuk Level 1.

Caranya lanjut Fahmi, dengan disiplin penerapan protokol kesehatan dan mengimbau di WA grup RT/RW agar gunakan masker. Selain itu dengan menggencarkan upaya vaksinasi kepada warga.

Di mana cara turun ke level 1 saat ini termasuk indikator vaksinasi harus mencapai 70 persen. Di mana berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Sukabumi sudah mencapai 84.10 persen dan hanya tinggal syarat cakupan vaksinasi lansia yang masih harus dikejar.

Sehingga ungkap Fahmi, perlu digalakan mobilisasi vaksinasi sehingga pemkot menggulirkan vaksinasi berbasis RW. Harapannya layanan ini memudahkan warga dalam mengakses layanan vaksinasi.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Kerusakan Otak Akibat Covid-19 Disebut Mirip dengan Strok

GeoDipa Gandeng JQR Gelar Gebyar Vaksinasi Tahap Kedua

Australia akan Luncurkan Suntikan Vaksin Booster COVID-19 

Kapuskes Haji Ingatkan Pentingnya Kesehatan Saat Ibadah

Target Vaksinasi Cianjur Naik Jadi 34 Persen Selama Sepekan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image