Selasa 26 Oct 2021 17:13 WIB

Kado Kang Emil untuk Wartawan di Jawa Barat

Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan siapkan perumahan bagi wartawan.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil (depan-tengah) berfoto bersama seluruh Pengurus PWI Jawa Barat periode 2021-2026 di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (26/10).
Foto: Istimewa
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (depan-tengah) berfoto bersama seluruh Pengurus PWI Jawa Barat periode 2021-2026 di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (26/10).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Komitmen Gubernur Jabar Ridwan Kamil terhadap media menjadi kado pelantikan dan pengukuhan Pengurus PWI Jabar 2021-2026 di Aula Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (26/10). Komitmen Kang Emil, panggilan akrab Ridwan Kamil, yang dimaksud, yakni dukungan penyelenggaraan uji kompetensi untuk 1.000 wartawan dan penyediaan perumahan wartawan.

Emil menyampaikan komitmenya itu dalam sambutan di acara pelantikan dan pengukuhan Pengurus PWI Jabar 2021-2026. Hadir dalam ajang pelantikan tersebut, di antaranya Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari, Sekjen PWI Pusat Mirza Zulhadi, Kajati Jabar Asep Nana Mulyana, Forum Masyarakat Tionghoa Peduli, Bank BJB, Bank BJB Syariah, PT Pos Indonesia, Summarecon Bandung, Ketua SMSI Jabar Hardiansyah, serta tamu undangan lain dari unsur Forkopimda Jabar.

Bersamaan dengan ajang itu, PWI Jawa Barat memberikan penghargaan kepada Kang Emil dan Ketua KONI Jabar Ahmad Saefudin sebagai Sport Personality of The Year, atas prestasi membawa Jawa Barat menjadi Juara Umum PON XX Papua 2021.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengungkapkan, Pemprov Jabar berkewajiban mendukunga kegiatan uji kompetensi wartawan (UKW). Menurut dia, dukungan tersebut merupakan investasi sumber daya manusia (SDM). 

‘’Jika wartawan di Jabar tidak kompeten, maka dampaknya akan kurang baik. Untuk itu mendorong kompetensi wartawan menjadi sebuah keharusan,’’ ujar Emil di Gedung Sate, Selasa (26/10). Emil mengaku terinspirasi oleh wartawan dan media, sehingga melahirkan dua inovasi,  yakni Jabar Saber Hoaks dan Jabar Quick Responce.

Selain mendorong kompetensi wartawan, Emil juga berkomitmen untuk menyediakan perumahan khusus bagi wartawan. Sebelumnya, tutur dia, sudah ada perumahan khusus untuk guru.

 

‘’Nah ke depan, saya ingin menyiapkan perumahan untuk wartawan khususnya anggota PWI dulu. Jadi silahkan didata wartawan yang masih ngontrak, Insya Allah kita akan segera perjuangkan perumahan untuk wartawan," tegas Emil.

Ketua Umum PWI Pusat Atal Sembiring Depari menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Emil yang terus mendorong peningkatan kompetensi wartawan. Dirinya mengapresiasi komitmen Kang Emil dalam UKW bagi 1000 wartawan.

 

‘’Tadinya saya mau konfirmasi kebenarannya soal dukungan UKW untuk 1.000 wartawan, tapi ternyata kabar itu benar. Terima kasih Kang Emil,’’ ujar Atal seusai melantik Pengurus PWI Jabar periode 2021-2026 di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (26/10).

Ketua PWI Jawa Barat Hilman Hidayat mengatakan, sesuai tema pelantikan,’Sprit PWI Jawa Barat Menyongsong Tatanan Baru’, PWI Jabar berkomitmen untuk terus mendorong peningkatan kompetensi wartawan. Kata dia, upaya tersebut merupakan komitmen PWI Jabar juga. 

‘’Meningkatkan kompetensi wartawan adalah semangat yang terus kami gelorakan dan upayakan,’’ ujar Hilman. Terlebih di tengah tantangan tatanan dunia baru yang membutuhkan SDM unggul, tegas dia, maka uji kompetensi wajib direalisasikan.

Hilman menyebutkan, UKW akan menjadi fokus kepengurusan baru PWi Jabar. Kata dia, Jawa Barat merupakan daerah berjuluk ‘pabrik konten’dengan segala kreativitasnya. Hal itu tentu menjadi tantangan besar, agar konten- konten yang tersaji bukan hoaks.

‘’Itulah tantangan besarnya, yakni mendukung ‘pabrik konten’ baik dari sarana dan infrastrukturnya, maupun kompetensi pembuat konten dalam hal ini wartawan," tandas Hilman.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement