Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Chusnul El Abid

Gemerlap Baju Adat Nusantara Warnai Upacara Hari Sumpah Pemuda di MTsN Gresik

Guru Menulis | Thursday, 28 Oct 2021, 12:02 WIB

Beragam pakaian adat Nusantara bergemerlapan, saat matahari menyinari para peserta upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 tahun 2021 di halaman Madrasah Tsanawiyah Negeri Gresik, Kamis (28/10).

Menggelar penampilan berbusana adat Nusantara dari 34 provinsi di Indonesia, Sumpah Pemuda dimaknai dengan menjaga persatuan dan kesatuan dalam berbudaya. Kebanggaan peserta upacara yang mengenakan baju adat Nusantara ini terlihat sebelum mereka mengikuti upacara.

Upacara memperingati hari sumpah pemuda ini terbilang unik dan menarik, karena seluruh peserta upacara mengenakan pakaian baju adat Nusantara dari berbagai daerah di Indonesia. Dan ini kali pertama MTs Negeri Gresik menggelar peringatan hari sumpah pemuda dengan mengenakan baju adat Nusantara.

Upacara dilangsungkan dengan penaikan bendera merah putih dan pembacaan ikrar sumpah pemuda 28 Oktober 1928. Ibu Lucky Lies Setya Rini selaku Pembina Upacara meyampaikan “Kita mengenakan baju adat Nusantara sebagai bentuk melestarikan budaya Indonesia, oleh karena itu, mari kita isi hari sumpah pemuda dengan prestasi, prestasi, dan prestasi.

Salah satu peserta upacara, Sheila mengatakan, ia bangga dengan pelaksanaan upacara kali ini. Saya lebih mengenal keanekaragaman budaya Indonesia dengan mengenakan baju adat Nusantara. “I Love Indonesia,” ungakpnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan peringatan hari Sumpah Pemuda yang ke 93 ini, panitia menyelenggarakan rangkaian acara untuk meramaikannya. Usai upacara bendera, dilanjutkan dengan penampilan fashion show, di mana setiap kelas menampilkan dua peserta Pa dan Pi sebagai perwakilan. Berjalan dengan santun dan gemulai sambil mengepakkan detail busana adat Nusantara yang dikenakan di depan dewan juri.

Di tengah-tengah Fashion Show, dilanjutkan dengan penampilan Pidato dari peserta yang terpilih pada kegiatan lomba Bulan Bahasa beberapa minggu kemarin. Dan tidak kalah menarik, penampilan Pencak Silat dari peserta Ekstakulikuler.

Suasana gemerlapan baju adat Nusantara dengan rangkaian ceremonial pada hari peringatan Sumpah Pemuda ke 93 di MTs Negeri Gresik membangkitkan jiwa kepemudaan dalam diri peserta didik dalam bingkai menjaga persatuan dan melestarikan budaya Indonesia.

“Selamat memperingati hari Sumpah Pemuda ke-93, semoga keluarag besar MTs Negeri Gresik tetap bisa menjadi madrasah yang menjunjung nilai-nilai persatuan dan kesatuan, mengisi kemerdekaan Indonesai dengan kemilau prestasi baik akademik maupun non akademik,” ucap Pamuji kepala MTs Negeri Gresik. (abd)

#harisumpahpemudake-93

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image