Senin 01 Nov 2021 17:10 WIB

Anak yang Tenggelam di Pantai Sukabumi Ditemukan Meninggal

Rafli (11 tahun) tenggelam di Pantai Karang Hawu, Sukabumi pada Ahad (31/10) pagi.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Bilal Ramadhan
Tim SAR Gabungan mengevakuasi korban tenggelam di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.
Foto: istimewa
Tim SAR Gabungan mengevakuasi korban tenggelam di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Seorang anak yang terseret ombak di Pantai Karang Hawu, Kabupaten Sukabumi ditemukan pada Senin (1/11) pagi tadi sekitar pukul 05.45 WIB. Korban ditemukan oleh tim SAR gabungan dalam keadaan meninggal dunia pada radius 100 meter dari lokasi kejadian dan langsung dievakuasi menuju rumah duka.

Seperti diketahui, seorang anak yang bernama Mohamad Rafli (11), bocah yang baru duduk di bangku kelas 6 SD ini tenggelam pada Ahad (31/10) sekitar pukul 07.00 WIB di Pantai Karang Hawu, Cisolok, Kabupaten Sukabumi.

“Korban pagi tadi ditemukan terdampar di bibir pantai berdasarkan informasi dari nenek korban, dan langsung dievakuasi serta diserahkan kepada keluarga korban," ujar Hendra Sudirman, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta selaku SAR Mission Coordinator (SMC) dalam operasi SAR.

Ia juga mengungkapkan turut berbelasungkawa kepada keluarga atas musibah yang dialami korban dan mengucapkan apresiasi yang sebesar-besarnya atas sinergi tim SAR gabungan dalam melakukan upaya pencarian korban hingga akhirnya korban ditemukan.

Sebelumnya, upaya pencarian terhadap korban dilakukan dengan membagi area pencarian menjadi dua search rescue unit (SRU). Di mana SRU pertama melakukan pencarian dengan penyisiran di atas permukaan laut pada radius 2 NM dari lokasi kejadian menggunakan perahu karet dan speed boat milik PolAir Polres Sukabumi.

Kemudian SRU kedua melakukan pencarian dengan penyisiran secara visual melalui jalur darat di sepanjang bibir pantai pada radius 2 kilometer dari lokasi kejadian. Puluhan personil SAR gabungan pun dilibatkan dalam melakukan operasi SAR terhadap korban.

Mereka terdiri dari Pos SAR Sukabumi, Polsek Cisolok, Koramil Cisolok, Polair Sukabumi, Balawista, Pramuka Peduli Sukabumi, ACT MRI Sukabumi, CBP Sukabumi, Troper, Tagana Sukabumi, Sarda, Rapi 01 Pelabuhanratu, FAJI Sukabumi, IEA Sukabumi, Baznas Sukabumi, dan masyarakat Setempat.

Sebelumnya, korban Mohamad Rafli (11) tenggelam pada Ahad (31/10) sekitar pukul 07.00 WIB di Pantai Karanghawu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Korban terseret ombak ketika sedang berenang saat memisahkan diri dari temannya yang pada saat itu sedang bermain bola di pinggir pantai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement