Sukabumi Targetkan 70 Persen Warga Tervaksinasi Akhir Tahun

Red: Mas Alamil Huda

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi berdialog dengan warga dalam gerakan vaksinasi berbasis RW di Kecamatan Cibeureum, Ahad (10/10).
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi berdialog dengan warga dalam gerakan vaksinasi berbasis RW di Kecamatan Cibeureum, Ahad (10/10). | Foto: Republika/Riga Nurul Iman

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menargetkan, 70 persen warganya yang masuk daftar target sasaran vaksinasi sudah mendapatkan vaksin Covid-19 pada akhir tahun ini. Target itu minimal telah diberikan untuk dosis pertama.

"Jumlah warga yang menjadi target sasaran program vaksinasi sebanyak 2.136.590 jiwa, namun hingga kini baru 38 persen dari total sasaran yang sudah divaksinasi," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi Harun Al Rasyid di Sukabumi, Senin (1/11).

Baca Juga

Ia menambahkan, target sasaran yang sudah lanjut usia (lansia) total sebanyak 194.854 jiwa dan yang sudah menjalani vaksinasi baru di angka 37,86 persen. Masih belum tercapainya target minimal atau 50 persen sasaran yang divaksinasi menyebabkan hingga kini Kabupaten Sukabumi masih tertahan di zona PPKM level3.

Menurut Harun, agar bisa ke PPKM level 2 bahkan turun ke level 1, sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) RI tentang penentuan level PPKM tepatnya pada poin syarat bagi setiap daerah khususnya di Jabar yang ingin turun dari level 3 ke level 2 minimal 50 persen warga (sasaran) sudah divaksinasi.

Maka dari itu, menindaklanjuti Instruksi Bupati Sukabumi Nomor 36 dan 37 Tahun 2021 dari awal November hingga 31 Desember 2021, pihaknya mencanangkan Bulan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Sukabumi dalam upaya percepatan pelaksanaan vaksinasi untuk masyarakat.

"Kami optimistis di akhir tahun 70 persen warga yang menjadi target sasaran (umum) vaksinasi sudah tervaksinasi, kemudian untuk lansia ditargetkan minimal 60 persen sudah mendapatkan vaksin Covid-19," tambahnya.

Harun mengatakan, untuk mendongkrak persentase tersebut aparatur pemerintah dari tingkat desa/kelurahan hingga kecamatan harus melakukan berbagai inovasi dalam melaksanakan program Bulan Vaksinasi Covid-19. Selain itu, agar target tersebut tercapai di akhir tahun harus didukung dan dibantu instansi/lembaga lainnya beserta badan usaha, komunitas maupun individu, karena untuk mempercepat proses vaksinasi ini pihaknya tidak bisa bekerja sendiri.

Jika di akhir tahun 70 persen warga yang terdata dalam target sasaran dan 60 persen lansia sudah menjalani vaksinasi maka Kabupaten Sukabumi bisa masuk zona PPKM level 1. "Percepatan penyuntikan vaksin ke masyarakat tujuan utamanya untuk mempercepat pembentukan kekebalan kelompok atau herd immunity dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19," katanya.

Di sisi lain, yang menjadi kendala dalam melaksanakan program vaksinasi untuk masyarakat adalah ketersediaan dan distribusi vaksin dari pusat, sehingga untuk solusinya ia mengimbau lembaga lain maupun komunitas ikut menyediakan vaksin.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Lawan Covid-19, Sequis Gelar Vaksinasi di Dua Kota

PWNA Banten Berbagi 3 Ribu Vaksin untuk Lansia & Remaja

MCCC Banten dan PDM Kota Serang Gelar Vaksinasi Massal

BPIP Ajak Generasi Pewaris Sumpah Pemuda Ikut Vaksinasi

Antusiasme Warga Majalengka Ikuti Vaksinasi Meningkat

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image