Pengusaha Uni Emirat Arab Puji Sikap Ridwan Kamil

Rep: arie lukihardianti/ Red: Hiru Muhammad

Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menggelar pertemuan di Dubai, Uni Emirat Arab, Rabu (3/11/2021).
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menggelar pertemuan di Dubai, Uni Emirat Arab, Rabu (3/11/2021). | Foto: istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--CEO The Warrior Group Troy Gilham memuji Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil usai melakukan pertemuan bisnis di Dubai, Uni Emirat Arab, Rabu (3/11), terkait pembangunan wisata petualang di Sukabumi. 

Gilham menyebut, Ridwan Kamil sebagai gubernur berpikir maju dan sepemahaman dengannya. "Saya sangat senang dengan pertemuan tadi. Terlihat jelas ia seorang gubernur yang berpikiran maju. Aktif, muda, dan berpikir tentang masa depan dan energi terbarukan, dan buat saya hal itu sangat positif," ujar Gilham. 

"Saya sangat terkesan. Dia terlihat ingin bergerak cepat, dan memikirkan masa depan, serta menyediakan atraksi wisata bagi masyarakat," katanya. The Warrior Group sendiri adalah salah satu penyedia industri petualang (adventure tourism) terkemuka di dunia yang memiliki banyak proyek di Timur Tengah. The Warrior Group akan bekerja sama dengan UPC Renewables untuk membuka destinasi wisata petualang di Sukabumi, tepatnya di kebun angin Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) yang tengah dibangun. 

Proyek PLTB Sukabumi diperkirakan akan menjadi proyek PLTB terbesar di Indonesia (dan ASEAN) yang mendukung pembangunan daerah Jabar yang bersinergi dengan komunitas lokal. 

Proyek PLTB Sukabumi akan menghasilkan energi angin yang bersih dan terbarukan, akan membantu program pemerintah untuk mencapai target bauran energi terbarukan untuk pembangkitan listrik nasional menjadi 23 persen pada tahun 2025.

Di lahan yang sama juga akan dibangun wisata olahraga adrenalin outdoor, dengan tujuan untuk mengembangkan destinasi wisata baru, yang akan mengintegrasikan keberlanjutan ekonomi, lingkungan, dan budaya bagi masyarakat lokal.

Gilham mengatakan, proyek wisata outdoor di PLTB Sukabumi ini merupakan yang pertama bagi The Warrior Group di Indonesia dan Asia Tenggara. "Kami tengah mencari pasar baru dalam beberapa tahun terakhir, dan kami sangat tertarik dan semoga Indonesia bisa menjadi yang pertama," kata Gilham. 

Gilham mengatakan, dalam Jabar, topografi, iklim, serta banyaknya spot-spot alam yang menarik menjadi salah satu daya tarik utama untuk membuka wahana baru di Jabar. "Semua tempat memiliki keunggulan masing-masing. Tapi di Indonesia ada banyak sekali yang kita bisa eksplor, dari danau, hingga ke air terjun, dan hutan," katanya. 

Sementara itu, Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil pun menyambut baik pertemuan dengan Gilham, mengingat dalam beberapa tahun terakhir terjadi tren kenaikan pariwisata adventure atau outdoor. "Dan Jawa Barat lengkap, punya air terjun 400, punya sungai indah, punya kebun teh, punya glamping di air, dan lainnya, dan dia tertarik," kata Emil. 

"Sehingga nanti misinya dua, membawa wisatawan adventure berkualitas yang spendingnya besar dan membawa investasi wisata alam," katanya. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Budayawan Jabar Dukung Pembangunan Monumen Pahlawan Covid-19

Sulbar Majukan Objek Wisata Berbasis Historikal

Merealisasikan Ambisi 100 Ribu Petani Milenial di Jabar

Pensiunkan PLTU 5.500 MW, Indonesia Butuh 30 Miliar Dolar AS

Tahun Ini Jabar Siapkan Anggaran Rp 500 M Antisipasi Bencana

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image