Ahad 07 Nov 2021 21:36 WIB

Bupati Garut Dorong NuKami Terus Ciptakan Pengusaha Muda

Kabupaten Garut memiliki potensi UMKM yang bagus.

Bupati Garut Dorong NuKami Terus Ciptakan Pengusaha Muda (ilustrasi).
Foto: Republika/Mardiah
Bupati Garut Dorong NuKami Terus Ciptakan Pengusaha Muda (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,GARUT -- Bupati Garut Rudy Gunawan mendorong NuKami sebagai yayasan tempat berkumpulnya pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kabupaten Garut, Jawa Barat dapat terus melakukan gerakan menciptakan pengusaha muda yang kreatif dan inovatif sehingga perekonomian daerah terus tumbuh.

"NuKami ini memberikan dorongan terhadap pengusaha-pengusaha muda, nah, kita harapkan NuKami menjadi 'leader'," kata Bupati Garut Rudy Gunawan saat menggelar pertemuan dengan Ketua Yayasan NuKami Rajab Prilyadi di Kampus 4 Universitas Garut, Ahad (7/11).

Bupati mengapresiasi kehadiran NuKami di Kabupaten Garut yang bergerak pada kegiatan 'branding', 'marketing', dan 'selling' bagi UMKM agar usahanya bisa berkembang dan maju.

Selain itu, lanjut dia, NuKami selama ini turut serta mendorong pengusaha-pengusaha muda maupun menciptakan pengusaha baru di Kabupaten Garut agar semangat dan mampu bersaing di tengah perkembangan pasar digital. "Harapannya akan banyak menciptakan wirausaha baru," katanya.

Dekan Fakultas Kewirausahaan (FKWU) Universitas Garut, Sukma menyatakan NuKami dinilai mampu meningkatkan kualitas dari para UMKM, sehingga nanti ada UMKM Garut yang bisa melakukan ekspor.

Menurut Sukma Kabupaten Garut memiliki banyak UMKM, dan ada beberapa UMKM yang memerlukan bantuan pendampingan seperti membuat merek, pemasaran, dan pengemasan agar bisa bersaing di pasaran.

"Wadah ini bisa juga untuk mempromosikan ke yang lebih luas ya, baik itu di Kabupaten Garut, baik itu mungkin lebih luasnya di Jawa Barat, atau mungkin lebih luasnya di Indonesia, atau lebihnya lagi nanti bisa ekspor," katanya.

Ketua Yayasan NuKami Rajab Prilyadi mengatakan, NuKami hadir untuk membantu dan mendorong pelaku usaha yang memiliki keinginan, namun terkendala beberapa hal, salah satunya terkait dengan permodalan.

"Kendala-kendala tersebut kita bantu pecahkan, kalau misalkan memang produknya bagus kita bimbing pengemasannya harus bagaimana, selain itu kita bantu juga pemasarannya, biar bagaimana caranya masuk ke 'marketplace'," katanya.

Ia menyampaikan Kabupaten Garut memiliki potensi UMKM yang bagus, dan produk-produknya bisa bersaing dengan UMKM daerah lain, untuk itu terus semangat dan tidak putus asa, karena setiap pelaku usaha pasti akan menemui sebuah hambatan saat melakukan usaha. "Yang namanya pelaku usaha itu pasti ada hambatan, jangan patah semangat dengan hambatan, mari kita pecahkan bersama Nukami ini," katanya.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement