Rabu 10 Nov 2021 06:39 WIB

Jabar Optimistis Film Kabayan Mudah Dicerna Warga

Jabar Optimistis Film Kabayan Petani Milenial Informasi yang Mudah Dicerna Warga

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Muhammad Fakhruddin
Jabar Optimistis Film Kabayan Mudah Dicerna Warga (ilustrasi).
Foto: www.rizwardtsilver.blogspot.com
Jabar Optimistis Film Kabayan Mudah Dicerna Warga (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Film diyakini menjadi media komunikasi yang efektif termasuk untuk menyosialisasikan program-program pemerintah kepada masyarakat. Menurut Kepala Bidang IKP Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat, Faiz Rahman, selain bisa menyedot antusias, film juga dianggap lebih ringan sehingga informasi yang disampaikan mudah dicerna masyarakat.

Faiz mengatakan, dalam penyampaian program-program pemerintah selalu menemui berbagai dinamika khususnya informasi yang tidak tersampaikan dengan baik kepada masyarakat. 

"Program selalu ada dinamika, jalan tidak semuanya mulus, ada tanjakan, ada turunan," ujar Faiz saat meluncurkan film Kabayan Petani Milenial, di Bandung, Selasa (9/11). 

Dalam kesempatan ini hadir juga Produser Eksekutif film Kabayan Petani Milenial, Ridwansyah Yusuf Achmad.

Film yang bertujuan menyosialisasikan program Petani Milenial yang diusung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ini akan tayang di TVRI nasional pada 10 November pukul 13.00.

Menurut Faiz, melalui film yang pembuatannya bekerja sama dengan Aria Production ini diharapkan akan mampu menjadi sarana komunikasi yang baik kepada masyarakat. 

"Film ini merupakan wujud komunikasi, wujud dialog pemerintah dalam menginformasikan program-program yang dibuat. Kami berharap film ini bisa menyederhanakan komunikasi agar informasinya bisa diterima dengan baik oleh masyarakat," katanya.

Hal ini, kata dia, akan berbeda jika penyampaian informasinya dilakukan melalui cara-cara biasa. "Seperti kalau melalui seminar, kita harus fokus dua jam. Tapi kalau nonton film ini, kami berharap setelah menonton, oh bisa ketangkap informasinya oleh masyarakat," katanya.

Produser Eksekutif film Kabayan Petani Milenial, Ridwansyah Yusuf Achmad mengapresiasi langkah yang dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam menyosialisasikan program. Dia optimistis melalui film ini akan semakin banyak masyarakat khususnya di Jawa Barat yang memahami maksud dan tujuan dari program Petani Milenial.

Terlebih, kata dia, TVRI merupakan televisi yang memiliki jangkauan paling luas hingga ke pedesaan. Hal ini sangat memungkinkan untuk menjangkau masyarakat Jawa Barat yang sebagiam besar tinggal di pedesaan.

Lebih lanjut, Yusuf juga mengapresiasi hal ini sebagai bentuk kolaborasi yang dilakukan pemerintah. "Ini wujud kolaborasi karena mau melibatkan swasta (Aria Production) dalam sosialisasi program pemerintah," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement