Jumat 12 Nov 2021 16:07 WIB

Tahun, Sukabumi Genjot Pembangunan Infrastruktur Kota

Perlu mengantisipasi cuaca dan menambah pekerja untuk memaksimalkan waktu.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Andi Nur Aminah
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi
Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pembangunan sarana infrastruktur terus digenjot di Kota Sukabumi. Targetnya pembangunan infrastruktur itu bisa rampung di akhir Desember 2021. Salah satu yang menjadi prioritas adalah pembangunan Alun-Alun Terintegrasi Kota Sukabumi dan pedestrian Jalan Ahmad Yani. Keseriusan menuntaskan pembangunan ini terlihat ketika Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi memantau pembangunan Alun-Alun terintegrasi Kota Sukabumi, Jumat (12/11).

Peninjauan dilakukan dalam rangka mengawal pembangunan agar berjalan dengan lancar. Turut mendampingi pemantauan yakni Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Asep Irawan.

Baca Juga

"Pembangunan Alun Alun Kota Sukabumi terintegrasi termasuk Lapangan Merdeka baru mencapai sekitar 48 persen dan Desember diharapkan selesai," ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi. Proses pembangunan masih dalam batas kontrak dan menggunakan dana pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang sangat ketat.

Intinya kata Fahmi, pembangunan masih on the trek dan awalnya ingin percepatan tanggal 10 Desember 2021 selesai. Namun dalam kontraknya ditargetkan selesai pada 29 Desember 2021.

Fahmi menekankan, perlunya mengantisipasi cuaca dan harus menambah jumlah pekerja untuk memaksimalkan waktu yang aman di tengah cuaca yang kurang bersahabat. Sehingga proses pembangunan berjalan lancar.

Sebelumnya Kepala Bidang Tata Bangunan, Jasa Konstruksi dan Pertamanan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Muhammad Sahid mengatakan, pemenang tender pembangunan Alun-Alun Terintegrasi Kota Sukabumi yakni PT Sihyong Jaya Persada dari Jakarta dengan nilai kontrak Rp 19,3 miliar.

Di mana kata Sahid, penandatanganan kontrak pada 27 Juli 2021 lalu dan rencana waktu pelaksanaan 155 hari kalender dari 28 Juli sampai 29 Desember 2021. Penataan Alun-alun dan Lapangan Merdeka ini satu paket sebelumnya dua paket, namun kini satu paket yakni pembangunan Alun-alun terintegrasi Kota sukabumi.

Intinya lanjut Sahid, terbagi dua titik penataan yakni Alun-alun depan Masjid Agung dan Lapang Merdeka. Selain itu ada jalan integrasi yakni jalan Gereja sekarang aspal direncanakan batu andesit supaya terlihat integrasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement