Kang Emil Minta Kabupaten/Kota Tuntaskan Vaksinasi Covid-19

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Gubernur Jawa Barat, M Ridwan Kamil alias Kang Emil.
Gubernur Jawa Barat, M Ridwan Kamil alias Kang Emil. | Foto: Dok Pemprov Jabar

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil meminta pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Jabar bergegas menuntaskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar menargetkan 37 juta warga Jabar sudah mendapat vaksinasi Covid-19 pada akhir Desember 2021.

"Saya titip urusan vaksinasi itu harus sukses di akhir tahun ini. Sekda yang bertugas adalah perpanjangan tangan wali kota/bupati, tolong semangat lagi supaya kita bisa di akhir tahun bisa mengejar target vaksinasi," kata Kang Emil, sapaan akrabnya di Kota Bandung, Jabar, Rabu (17/11).

Baca Juga

Dia meminta pemerintah kabupaten/kota sesegera mungkin menghabiskan pasokan vaksin COVID-19 yang sudah diterima agar tidak sampai kedaluwarsa."Jangan sampai terdengar pulang dari sini ada vaksin yang kedaluwarsa karena kita kurang atensi. Jangan nanti menjadi viral dan mendapat teguran karena tidak memaksimalkan vaksin," kata Kang Emil.

Setelah acarapelantikan pengurus Komisariat Wilayah Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia Provinsi Jabar periode 2021-2024 secara virtual dari Gedung Negara Pakuan, Kota Bandung, Kang Emil menyebut, pelaksanaan vaksinasi harus segera dituntaskan supaya pemerintah bisa kembali fokus membangun wilayah.

"Kalau vaksin sudah berhasil maka kita masuk kepada fase yaitu membangun Jawa Barat pasca-Covid-19. Kita harus kembali membangun ekonomi, sosial, politik, tapi dengan cara-cara baru," kata mantan wali kota Bandung tersebut.

Kang Emil juga berpesan kepada para sekretaris daerah di Provinsi Jabar agar mereka membangun kemampuan beradaptasi guna mengatasi tantangan dalam upaya memajukan daerah. Dia menyampaikan, pentingnya pejabat daerah beradaptasi dengan berbagai perubahan yang terjadi akibat kemajuan pesat teknologi dan masalah yang muncul akibat pandemi.

"Saya menyaksikan daerah-daerah yang terakselerasi karena sekdanya mampu menerjemahkan visi-visi politis ke dalam administrasi, rencana-rencana dari visi misi para pimpinan. Oleh karena itu kunci pertama adalah sekda harus siap terdepan yang pertama menunjukkan proses adaptasi," ujar Kang Emil.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Jabar Panen Raya Petani Milenial Komoditas Padi

Kang Emil Minta Warga Waspadai Dampak Cuaca Ekstrem

Pemprov Jabar Ajak Masyarakat Bangun Sumur Resapan

Diplomasi Cendol Ala Kang Emil ke Menlu Inggris

Jadi Saksi Nikah Ria Ricis, Kang Emil Beri Hadiah Kaligrafi

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image