Depok akan Kembangkan Ekowisata Ciliwung

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Andi Nur Aminah

Sejumlah warga berwisata di aliran sungai Ciliwung yang surut di Depok, Jawa Barat (ilustrasi)
Sejumlah warga berwisata di aliran sungai Ciliwung yang surut di Depok, Jawa Barat (ilustrasi) | Foto: Republika/Fakhri Hermansyah

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok memiliki destinasi Ekowisata Ciliwung di wilayah RW 08. "Keberadaannya akan dikembangkan untuk edukasi, wisata, dan konservasi," ujar Lurah Tugu, Bambang Eko di Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Rabu (17/11).

Menurut Bambang, ekowisata di wilayah RW 08 sudah ditetapkan sejak akhir 2019. Namun pengembangannya belum maksimal karena pandemi Covid-19. "Keberadaan ekowisata ini sudah ada sejak dua tahun lalu, pengembangan akan terus kami lakukan bersinergi dengan pemerintah kota," tuturnya.

Baca Juga

Ia menambahkan, saat ini sudah tersedia dermaga. Nantinya akan difungsikan untuk titik awal wisata Ciliwung. "Ke depannya sarana prasarana akan dilengkapi, tentunya dengan dukungan dari perangkat daerah terkait," terangnya.

Ketua RW 08 Kelurahan Tugu, Wagiman mengatakan, saat ini pihaknya memanfaatkan lahan sekitar dengan menanam beberapa jenis tanaman. "Dengan harapan nantinya bias menjadi edukasi pengunjung saat berwisata," ucapnya.

Lanjut Wagiman, pihaknya juga akan melibatkan masyarakat sekitar sebagai pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Hal tersebut dimaksud untuk meningkatkan status ekonomi masyarakat sekitar. "Harapan kami pengembangan dapat segera terlaksana agar masyarakat dapat menikmati Ekowisata Ciliwung dan membantu pelaku UMKM warga RW 08," jelasnya. 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Pelepasliaran Tiga Ekor Berang-berang di Sungai Ciliwung

Ahok Ingin Ubah Kali Ciliwung Jadi Tempat Wisata

Sungai Ciliwung Depok Siaga 1

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image