Puluhan PKL di Kota Bandung Ditata

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Muhammad Fakhruddin

Puluhan PKL di Kota Bandung Ditata (ilustrasi).
Puluhan PKL di Kota Bandung Ditata (ilustrasi). | Foto: Edi Yusuf/Republika

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Puluhan pedagang kaki lima (PKL) yang berada di sejumlah titik di Kota Bandung dilakukan penataan agar lebih tertata. Beberapa PKL yang dilakukan penataan beberapa waktu lalu berada di Jalan Kepatihan, Jalan Sultan Agung dan hari ini, Kamis (18/11) di Jalan Begawan Sempani, Kota Bandung.

"Alhamdulillah hari ini kita penataan PKL di Jalan Begawan Sempani, ada 22 pedagang ditata," ujar Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana saat ditemui di acara peresmian tersebut, Kamis (18/11).

Kondisi kawasan PKL sebelum ditata, ia mengungkapkan cenderung kumuh dan ketika air hujan turun sering melimpas ke badan jalan. Pihaknya melakukan penataan termasuk membangun drainase agar air hujan tidak melimpas.

"Harapannya sih mudah-mudahan berkurang dan tidak nambah ini betul betul swadaya warga dan pedagang," katanya. Yana mengaku tidak memiliki anggaran untuk penataan PKL dan berharap kepada CSR atau swadaya pedagang.

"Insya Allah kan jujur kita gak punya anggaran kita harapkan CSR atau swadaya," katanya. Selanjutnya pihaknya akan melakukan penataan PKL yang berada di Jalan Dr Radjiman tepatnya di depan kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jabar.

Sebelumnya, penataan dilakukan kepada PKL yang berjualan di Jalan Kepatihan, Jalan Sultan Agung. Total PKL yang telah ditata kurun beberapa waktu lalu mencapai puluhan orang.

Pihaknya juga memfasilitasi PKL di Jalan Sultan Agung untuk mendapatkan nomor induk berusaha (NIB). Data tersebut juga akan memudahkan pemerintah untuk menyalurkan bantuan. Termasuk memberikan layanan BPJS Ketenagakerjaan untuk 3 bulan gratis.

Salah seorang pedagang bunga hias, Rukman mengaku bersyukur telah dilakukan penataan kios para pedagang. Ia berharap ke depan omzet kios bunga hias yang ditempatinya semakin meningkat. "Alhamdulillah, semoga terus meningkat (omzet)," katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Ribuan PKL di Malang-Batu Terima Bantuan Tunai

3.800 PKL di Pekalongan Terima Bantuan Permodalan

SMK 1 PKP JIS Jalin Sinergi Dengan Universitas Pancasila

Aksi Unjukrasa PKL Simpang Lima Gumul

 Belasan Selter di Bandung tak Terawat, Ini Rencana Dishub

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image