Jumat 19 Nov 2021 14:35 WIB

Tujuh Pesawat TNI AU akan Bermanuver Meriahkan WSBK 2021

TNI AU akan tampil melukis langit Lombok.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Agus raharjo
Enam pesawat tempur TNI AU terbang di kawasan Monas, Jakarta, Selasa (5/10/2021). Dalam rangka peringatan HUT Ke-76 Tentara Nasional Indonesia (TNI), sebanyak delapan pesawat helikopter TNI (AD, AL, AU) dengan call sign
Foto: ANTARA/Aprillio Akbar
Enam pesawat tempur TNI AU terbang di kawasan Monas, Jakarta, Selasa (5/10/2021). Dalam rangka peringatan HUT Ke-76 Tentara Nasional Indonesia (TNI), sebanyak delapan pesawat helikopter TNI (AD, AL, AU) dengan call sign

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- TNI Angkatan Udara (AU) akan mengerahkan tujuh pesawat KT-1 Wong Bee untuk memeriahkan World Superbike (WSBK) 2021 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Jumat (19/11). Pesawat-pesawat yang menjadi inti Jupiter Aerobatic Team (JAT) itu bakal melakukan berbagai manuver di langit Lombok.

"Perhelatan WSBK 2021 di Sirkuit Mandalika Lombok, NTB bakal meriah seiring hadirnya tim aerobatik TNI AU Jupiter," demikian tulis keterangan Dinas Penerangan Angkatan Udara (Dispenau) seperti dikutip dari laman resminya, Jumat (19/11).

Baca Juga

Tujuh pesawat KT- 1 Wong Bee JAT itu pun telah berada di Lanud TGKH M Zainudin Abdul Madjid (Zam) Lombok Praya. JAT berangkat dari markasnya di Lanud Adisutjipto, Yogyakarta, pada Rabu (17/11).

Keberangkatan tim tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Kodiklatau, Marsdya Tatang Herlyansah dan Komadan Lanud Adisutjipto Yogyakarta, Marsma M Yani Amirullah.

 

"Tim aerobatik TNI AU yang diawaki oleh para Instruktur Penerbang Lanud Adisutjipto Yogyakarta akan tampil melukis langit Lombok," lanjut keterangan tertulis Dispenau.

JAT rencananya akan menampilkan sejumlah manuver. Diantaranya adalah jupiter roll, jupiter wheel, tango to diamond, screw roll, five cards loop solo spin, jupiter roll back, dan boom burst. Hal ini sekaligus menyukseskan penyelenggaraan WSBK yang berlangsung pada 19 hingga 21 November 2021.

Seperti diketahui, Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) akan menjadi saksi dan medan pertempuran terakhir perebutan gelar juara dunia pembalap, pabrikan, dan tim World Superbike (WSBK) pada akhir pekan ini.

Seri penutup musim WSBK ini juga akan diramaikan dengan empat balapan pamungkas Idemitsu Asia Talent Cup. Adapun Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Sirkuit Pertamina Mandalika pada Jumat (12/11) lalu. Sirkuit yang pembangunannya menelan biaya Rp 1,2 triliun itu akan menjadi ikon baru Indonesia bagi dunia internasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement