Dua Notaris Kasus Mafia Tanah Nirina Zubir Segera Diperiksa

Rep: Ali Mansur/ Red: Agus raharjo

Aktris Nirina Zubir.
Aktris Nirina Zubir. | Foto: Republika/Shelbi Asrianti

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyidik Polda Metro Jaya akan memeriksa dua notaris dan pejabat pembuat akta tanah yang memalsukan sertifikat tanah milik keluarga Nirina Zubir. Kedua notaris tersebut bernama Ina Rosaina dan Edwin Ridwan akan kembali diperiksa sebagai tersangka Senin (22/11).

Menurut Kasubdit Harda Direskrimum Polda Metro Jaya AKBP Petrus Silalahi pemeriksaan keduanya merupakan yang pertama kalinya sebagai tersangka setelah sebelumnya sempat batal. Namun, Petrus masih belum memastikan apakah keduanya akan dilakukan penahanan seperti tiga tersangka lainnya.

Baca Juga

"Pemeriksaan sampai pada Senin, pekan depan. Kami menganalisa patut dan wajar ya sudah kami tunda pemeriksaan sampai pada hari Senin gitu," kata Petrus, saat dikonfirmasi, Kamis (19/11).

Lanjut Petrus, pihaknya akan melihat unsur subjektif dan objektif dalam penahanan kedua tersangka. Namun, ia memastikan kasus mafia tanah ini akan terus diperdalam untuk mencari tersangka lain dan korban lain. Polisi juga akan mencari tahu apakah ada pendana dari proses pengalihan enam sertifikat tanah ini.

"Pendananya ini apakah ini memang hanya untuk keuntungannya si Riri dan suaminya juga tiga oknum notaris lewat bagi hasil atau ada buyer di atasnya," tutur Petrus.

Sebelumnya penyidik Polda Metro Jaya menetapkan lima orang tersangka dalam kasus mafia tanah yang korbannya keluarga Nirina Zubir. Salah satu pelaku yang telah ditahan merupakan mantan asisten rumah tangga (ART) Nirina Zubir bersama suaminya dan satu orang notaris Tangerang bernama Farida.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Pakar: Keterlibatan PPAT di Mafia Tanah Harus Dipidana

Jaksa Agung Perintahkan Jajarannya Basmi Mafia Tanah

Korban Penipuan CPNS Serahkan Bukti Pencatutan Nama Anies

Puluhan Sekolah di Makassar Digugat Mafia Tanah

Rachel Vennya Bungkam Usai Diperiksa Sebagai Tersangka

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image