Jumat 19 Nov 2021 18:42 WIB

Ribuan Personel Gabungan Disiagakan di TPS Pilwu Serentak

Polresta Cirebon juga menggencarkan vaksinasi di desa-desa tempat pilwu digelar.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus raharjo
Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman dan Kapolres Brebes, AKBP Faisal Febrianto, sepakat membuat posko terpadu di perbatasan Jabar dan Jateng, Rabu (14/7). Rencananya  posko terpadu itu dibuka mulai Jumat (16/7).
Foto: (Dok Humas Polresta Cirebon)
Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman dan Kapolres Brebes, AKBP Faisal Febrianto, sepakat membuat posko terpadu di perbatasan Jabar dan Jateng, Rabu (14/7). Rencananya posko terpadu itu dibuka mulai Jumat (16/7).

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Ribuan personel gabungan mulai disiagakan di tempat pemungutan suara (TPS) Pemilihan Kuwu (Pilwu) Serentak 2021 di Kabupaten Cirebon, Jumat (19/11). Pemungutan suara dijadwalkan digelar pada Ahad (21/11).

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, menyebutkan, ada 3.963 personel yang dikerahkan untuk pengamanan pemungutan suara Pilwu Serentak 2021 di Kabupaten Cirebon. Mereka terdiri dari personel Polresta Cirebon, Kodim 0620/Kabupaten Cirebon, Satpol PP, Linmas, dan lainnya.

Baca Juga

"Jumlah itu termasuk personel BKO dari Satbrimob Polda Jabar, Polres Indramayu, Polres Majalengka, dan Polres Kuningan,’’ kata Arif, saat ditemui usai Apel Pergeseran Pasukan Dalam Rangka Pengamanan Pilwu Serentak 2021 Tahap Pemungutan Suara di Mapolresta Cirebon, Jumat (19/11).

Arif merinci, untuk jumlah personel Polresta Cirebon yang dilibatkan dalam tahapan tersebut mencapai 1.296 orang, Kodim 0620/Kabupaten Cirebon 165 personel, Satpol PP Kabupaten Cirebon 224 personel, dan 2.000 petugas Linmas.

Arif menyebutkan, para personel akan ditempatkan di seribu TPS yang tersebar di 112 desa dan 34 kecamatan se-Kabupaten Cirebon. Dia memastikan seluruh personel telah siap untuk mengamankan tahapan pemungutan suara Pilwu Serentak 2021 di Kabupaten Cirebon.

"Bahkan, mereka sudah bertugas dari tahapan awal pilwu sejak September 2021 lalu," tegas Arif.

Ia menambahkan, Pilwu Serentak 2021 akan digelar di 135 desa se-Kabupaten Cirebon. Namun, dari jumlah tersebut, hanya 112 desa yang masuk ke wilayah hukum Polresta Cirebon. Sedangkan 23 desa lainnya berada di wilayah hukum Polres Cirebon Kota.

Selain melakukan pengamanan, Polresta Cirebon juga menggencarkan vaksinasi massal dalam rangka persiapan Pilwu Serentak. Vaksinasi itu diselenggarakan serentak di 60 puskesmas se-Kabupaten Cirebon.

Pelaksanaan vaksinasi massal sengaja dilakukan di desa-desa yang akan menggelar Pilwu Serentak. Hal tersebut menjadi terobosan Polresta Cirebon untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di desa-desa yang menggelar pilwu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement