UMK Ciamis Naik tak Sampai 1 Persen

Rep: Bayu Adji P/ Red: Bayu Hermawan

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya | Foto: Dok Humas Pemkab Ciamis

REPUBLIKA.CO.ID, CIAMIS -- Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, melakukan pertemuan dengan Dewan Pengupah Kabupaten Kabupaten Ciamis, membahas kenaikan upah minimum kabupaten/kota (UMK). Berdasarkan hasil keputusan sementara, besaran UMK Ciamis 2022 hanya akan naik sebesar 0,92 persen.

Herdiat mengaku menyayangkan kenaikan UMK Ciamis yang tak sampai 1 persen. Kendati demikian, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis tidak dapat semena-mena mengatur kenaikan upah.

Baca Juga

"Saya berharap masyarakat juga bisa memahami terhadap regulasi aturan yang sudah diatur oleh pemerintah pusat dan provinsi tersebut," kata dia melalui keterangan resmi, Senin (22/11).

Menurut dia, perhitungan kenaikan UMK itu didasari aturan yang diberikan pemerintah pusat. Pemerintah daerah hanya bisa merekomendasikan saja kepada pemerintah pusat dan provinsi. Namun, yang menentukan aturan dan ketentuan upah itu adanya di pemerintah pusat dan provinsi.

"Ya, tentu dengan aturan yang sudah ditentukan paling tidak di samping Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, kemarin kami juga menerima surat dari Pak Gubernur, yang intinya kepada pemda yang mau mengajukan rekomendasi UMK harus berpedoman pada PP Nomor 36 Tahun 2021," katanya.

Ia menyadari, besaran kenaikan tak sampai 1 persen itu pasti akan membuat para penerima upah kecewa. Sebab, kenaikan 0,92 persen berarti UMK Ciamis hanya bertambah sekitar Rp 17 ribu.

Sementara di sisi lain, harga-harga kebutuhan semakin naik. Namun upah pekerja hanya bertambah sedikit. "Mungkin inginnya masyarakat minimal ada kenaikan 50 persen. Namun, diharapkan masyarakat dapat memahaminya," katanya.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Kota Bandung Belum Putuskan UMK Tahun 2022

UMP Naik Tipis, Puluhan Ribu Buruh akan Demo di Istana

Disnaker DIY Sebut UMP Sesuai Rekomendasi Dewan Pengupahan

Tolak UMP Jatim, Buruh Ancam Aksi Selama Sepekan

KSPSI DIY: UMP 2022 tak Berpihak pada Buruh

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image