Penataan Pantai Sayang Heulang Ditarget Rampung Tahun Ini

Rep: Bayu Adji P/ Red: Muhammad Fakhruddin

Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman melakukan monitoring di beberapa titik kegiatan penataan pembangunan yang terpusat di Pantai Sayang Heulang, Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Selasa (23/10).
Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman melakukan monitoring di beberapa titik kegiatan penataan pembangunan yang terpusat di Pantai Sayang Heulang, Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Selasa (23/10). | Foto: Dok. Diskominfo Garut

REPUBLIKA.CO.ID,GARUT -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut terus berupaya meningkatkan pelayanan bagi para wisatawan yang berkunjung ke daerah itu. Peningkatan layanan itu dilakukan dengan menata beberapa objek wisata yang ada di Kabupaten Garut, salah satunya yaitu objek wisata Pantai Sayang Heulang.

Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman mengatakan, penataan objek wisata Pantai Sayang Heulang telah dilakukan Juli 2021. Ia mengingatkan kepada dinas teknis beserta pihak-pihak terkait untuk bekerja dengan baik, sehingga hasil pekerjaan yang dicapai bisa maksimal, serta mengacu pada perencanaan yang telah dibuat.

Baca Juga

"Saya setiap ke selatan (Garut) pasti melihat progres pembangunan wisata (pantai) Sayang Heulang. Alhamdulillah siang ini saya melihat kembali untuk progres pembangunan sudah hampir 70 persen," kata dia, melalui keterangan resmi, Rabu (24/11).

Ia menargetkan, penataan Pantai Sayang Heulang pada Desember 2021. Dengan begitu, objek wisata itu dapat dinikmati oleh masyarakat.

Helmi menambahkan, usai penataan selesai, pada 2022 Pemkab Garut akan menggelontorkan anggaran untuk pembangunan jalan menuju objek wisata. Diharapkan, pembangunan jalan itu akan semakin memudahkan wisatawan mengakses objek wisata Pantai Sayang Heulang.

Meski demikian, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat agar senantiasa menjaga lingkungan di sekitar objek wisata. "Masyarakat juga haris ramah terhadap pengunjung," kata dia.

Sebelumnya, Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Ma'mun, menyebutkan, penataan Pantai Sayang Heulang diprogramkan melalui Bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Anggaran untuk pekerjaan konstruksi pantai itu diperkirakan mencapai Rp14,4 miliar.

Berdasarkan kontrak, pengerjaanya dilaksanakan sejak 12 Juli 2021 dan ditargetkan selesai 16 Desember 2021 atau 150 hari kerja. "Waktu pemeliharaan yang dilakukan oleh kontraktor setelah setelah Pekerjaan Penyerahan Hasil Pekerjaan (PHP) ke Disparbud," ujar Ma'mun.

Pantai Sayang Heulang berada sekitar 88 Km dari pusat Kabupaten Garut, dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 180 menit. Pantai Sayang Heulang berada di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, dengan lua mencapai sekitar 17 hektare.

Dengan landmark sayap elang, pembangunan Pantai Sayang Heulang ini lebih banyak pada area pedestrian dan taman sepanjang pantai, yang di buat untuk memfasilitasi para pengunjung, dan juga dilengkapi fasilitas plaza, track gantung sepanjang pantai, spot pandang laut dan juga gazebo, area parkir, serta kuliner sepanjang tepi pantai.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Disparbud Garut akan Tutup Sementara Kawasan Wisata Darajat

Objek Wisata di Garut akan Kembali Dibuka

Wisata di Garut Uji Coba Pembukaan Saat PPKM Level 3

Charlie Chaplin Pernah Kunjungi Stasiun Garut

Sejak Dibuka, tak Ada Klaster Wisata Covid-19 di Garut

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image