Uji Coba Ganjil Genap Jalan Margonda pada 4-5 Desember

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Bayu Hermawan

Ganjil genap (ilustrasi)
Ganjil genap (ilustrasi) | Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Metro (Polrestro) Depok akan melakukan uji coba penerapan ganjil-genap di Jalan Margonda pada Sabtu dan Ahad, 4 dan 5 Desember 2021. 

Kasat Lantas Polrestro Depok, Kompol Jhoni Eka Putra menjelaskan, uji coba yang akan digelar merupakan salah satu tahapan kajian lapangan yang dilakukan bersama stakeholder terkait. Uji coba ganjil genap akan dilakukan di Jalan Margonda mulai dari Simpang Ramanda hingga flyover Universitas Indonesia (UI).

Baca Juga

"Ganjil genap akan dimulai pada Sabtu 4 Desember dan Ahad 5 Desember mulai pukul  12.00 WIB hingga 18.00 WIB," ujar Jhoni di Mapolrestro Depok, Rabu (24/11).

Menurut Jhoni, selanjutnya ganjil genap akan dilakukan hanya pada akhir pekan, Sabtu dan Ahad  karena memang kondisi macet kerap terjadi. Ini salah satu solusi untuk mengurangi volume kendaraan. Selain itu hanya diberlakukan kepada kendaraan roda empat atau mobil. 

"Ganjil genap hanya diberlakukan kepada kendaraan roda empat atau mobil. Namun tidak berlaku pada kendaraan khusus seperti ambulans ataupun dengan kondisi darurat lainnya. Lalu bagi pengendara motor dan angkutan umum juga tidak dikenakan aturan ganjil genap," jelasnya.

Ia menambahkan, karena masih uji coba, sifatnya hanya sosialisasi, belum ada penindakan. "Tidak ada penindakan. Sosialisasi ganjil genap akan  terus dilakukan, baik secara langsung dan daring," ungkap Jhoni.

Lanjut Jhoni, puluhan personel akan disiagakan dalam uji coba ganjil genap ini yakni dari aparat gabungan Polrestro Depok, TNI, Dishub Kota Depok dan Satpol PP Kota Depok.

"Jadi ingat untuk tanggal ganjil pakai kendaraan ganjil, tanggal genap pakai kendaraan dengan nomor genap. Jika nanti lancar minggu selanjutnya akan kembali digelar dan sudah ada penindakan,"  terangnya.

Jhoni mengajak masyarakat untuk mendukung penerapan ganjil genap, sehingga permasalahan kemacetan di Kota Depok dapat terurai. Dalam tahap sosialisasi, pihaknya ingin melihat penerapan ganjil genap di lapangan, kemudian dilakukan analisa dan evaluasi untuk melihat ganjil genap apakah dapat mengurai kemacetan di kawasan Jalan Margonda.

"Kami mengajak masyarakat untuk mendukung ganjil genap, karena ini merupakan salah satu terobosan ataupun langkah kita dalam mengurangi kemacetan di Kota Depok. Kemacetan di Jalan Margonda setiap Sabtu dan Ahad sudah cukup parah karena selain jalan tidak terlalu lebar dan  mobilitas kendaraan cukup tinggi," tuturnya. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Jalur Ganji Genap di DKI akan Diperluas Selama Libur Nataru

Wagub DKI: Ganjil Genap Nataru akan Diperluas

Nataru, Kapasitas Wisata 50 Persen dan Berlaku Ganjil-Genap

Hadapi Nataru, Polda Lampung Terapkan Ganjil Genap

Kota Semarang Belum Perlu Ganjil Genap di Libur Akhir Tahun

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image