Berjibaku di Masa Pandemi, Sukabumi Apresiasi Ambulans Sigap

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Fakhruddin

Petugas Ambulans Sigap, Dinas Kesehatan Kota Sukabumi bersiap evakuasi pasien Covid-19, Sabtu (28/11).
Petugas Ambulans Sigap, Dinas Kesehatan Kota Sukabumi bersiap evakuasi pasien Covid-19, Sabtu (28/11). | Foto: Dok UPT Penunjang Kesehatan Kota Sukabumi

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI -- Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menghadiri acara Hari Ulang Tahun (HUT) Ambulans Sigap dan Homecare yang ke-3 di UPT Penunjang Kesehatan, Dinas Kesehatan Kota Sukabumi (25/11). Dalam momen ini wali kota mengapresiasi kepada petugas Ambulans Sigap dan Homecare dalam pelayanan kepada warga di masa pandemi Covid-19.

''Semangat awal digagasnya Ambulans Sigap dan Homecare adalah kolaborasi antara Pemkot Sukabumi dengan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI),'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi. Hal tersebut dalam rangka melahirkan kebaikan kepada masyarakat dan ini harus terjaga.

Dengan bertambahnya usia ini berharap agar layanan yang diberikan lebih baik dari waktu ke waktu. ''Di Masa pandemi Sigap dan Homecare luar biasa kinerjanya menjadi yang terbaik,'' kata Fahmi.

Intinya wali kota mengucapkan terimakasih atas dukungan dan mari bersama-sama memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Seperti diketahui mobil ambulans Sigap kepanjangan dari siap, ikhlas, segera antar jemput warga. Di mana layanan ini diberikan kepada warga yang membutuhkan bantuan sarana ambulans.

Sementara program homecare terang Fahmi digulirkan untuk menjangkau warga yang tidak bisa menjangkau layanan puskesmas maupun rumah sakit. Di mana warga tersebut tidak ada keluarga yang bisa menunggunya ketika dirawat di fasilitas kesehatan.

Nantinya ungkap Fahmi, ada perawat yang setiap hari mengecek dan memberikan pelayanan kesehatan langsung di rumah warga tersebut. Program ini diantaranya melibatkan organisasi profesi seperti Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dan ke depan akan bergabung organisasi yang lainnya.

Bahkan, Pemerintah Kota Sukabumi menerima penghargaan top 45 inovasi pelayanan publik terkait program Homecare dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo di Jakarta, Rabu 25 November 2020 lalu. Penghargaan tersebut langsung diterima Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi.

Dalam pemberian penghargaan itu hadir secara virtual Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin dan hadir langsung Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, dan lain sebagainya. Layanan inovasi Homecare merupakan inovasi unggulan Kota Sukabumi yang menerjukan satu orang perawat di setiap kelurahan untuk melayani kesehatan ke rumah-rumah warga.

''Alhamdulillah program Homecare mendapatkan penghargaan dari Kemenpan RB dan masuk top 45 inovasi pelayanan publik 2020,'' ujar Fahmi. Hal ini karena inovasi tersebut dinilai memberikan manfaat dan kemudahan bagi warga dalam mendapatkan layanan kesehatan.

Pencapaian ini kata Fahmi, merupakan wujud komitmen dan perhatian serius Pemkot Sukabumi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada warga salah satunya Homecare di bidang kesehatan. Dengan penghargaan tersebut akan semakin memacu pemkot untuk lahirnya inovasi pelayanan publik terbaik lainnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Sukabumi Perkuat Layanan Kesehatan Homecare dan Ambulans

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image