Bupati Bandung Segera Benahi PJU

Red: Sandy Ferdiana

Bupati Bandung Dadang Supriatna (kanan) dan Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid bertukar cinderamata di ruang pertemuan Bupati Lombok Barat, Selasa (30/11).
Bupati Bandung Dadang Supriatna (kanan) dan Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid bertukar cinderamata di ruang pertemuan Bupati Lombok Barat, Selasa (30/11). | Foto: Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Hanya sekitar delapan ribu dari 22 ribu titik penerangan jalan umum (PJU) di Kabupaten Bandung yang masih berfungsi. Atas kondisi itu, Bupati Bandung H Dadang Suriatna akan segera membenahi PJU agar bisa dirasakan manfaatnya oleh seluruh warga Kabupaten Bandung.

Dalam rangka pembenahan PJU di daerahnya, Kang DS, panggilan akrab Dadang Supriatna, berserta jajarannya melakukan studi banding ke Pemerintah Kabupaten Lombok Barat yang dinilai sukses mengelola PJU, Selasa (30/11). Dari hasil studi banding tersebut, bupati Bandung mengantongi strategi efektif dalam pengelolaan PJU. Yakni menerapkan pola Kerja Sama Pemerintah Daerah dan Badan Usaha (KPBU).

‘’Saya tertarik dengan KPBU dalam pengelolaan PJU, karena pemerintah tidak perlu lagi direpotkan dalam pemeliharaan PJU, termasuk untuk pembayaran rekening listriknya,’’ ungkap Kang DS melalui telepon kepada Republika, Rabu (1/12).

DS menilai, pemberlakuan KPBU dalam pengelolaan PJU di Lombok Barat cukup berhasil dan efektif. Oleh karena itu, tegas dia, tidak ada salahnya jika program yang positif di daerah lain diadopsi dan dikembangkan di Kabupaten Bandung.

Sepanjang untuk kepentingan masyarakat, pihaknya berkewajiban mencarikan solusinya. DS menegaskan, layanan PJU merupakan hak masyarakat yang harus dipenuhi. Pihaknya menyatakan, dengan pola KPBU dipastikan jalan Kabupaten Bandung sepanjang 1.400 Km mendapatkan penerangan.

Pihaknya tidak ingin kenyamanan dan keamanan masyarakat pengguna jalan Kabupaten Bandung terganggu, hanya karena minim penerangan. Diakui DS, selama ini sudah ada pihak ketiga atau badan usaha yang berminat diajak kerjasama dalam pengelolaan PJU.

 

 

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Kesal Diserempet, 2 Remaja di Bandung Aniaya Pria Paruh Baya

Pabrik Cokelat di kabupaten Bandung Terbakar

Dinkes Bandung Dirikan Sentra Vaksin Covid-19 di Desa

Bupati Bandung Wajibkan Warganya Berbahasa Sunda Tiap Rabu

Dishub Depok Akan Pasang Ratusan PJU di 11 Kecamatan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image