Rabu 01 Dec 2021 23:04 WIB

Kabupaten Sukabumi Akhirnya Berstatus PPKM Level 2

Capaian vaksinasi Covid-19 minimalnya harus mencapai 50 persen.

Kabupaten Sukabumi Akhirnya Berstatus PPKM Level 2 (ilustrasi).
Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Kabupaten Sukabumi Akhirnya Berstatus PPKM Level 2 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI -- Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, akhirnya menyandang status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level2, setelah cukup lama tertahan di zona daerah PPKM level 3.

"Alhamdulillah berkat perjuangan semua pihak yang membantu Pemerintah Kabupaten Sukabumi dalam mempercepat proses vaksinasi, akhirnya kita bisa keluar dari daerah yang berstatus PPKM level3," kata Humas Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Sukabumi Eneng Yulia di Sukabumi, Rabu (1/12).

Menurut Yulia, ditetapkannya Kabupaten Sukabumi sebagai salah satu daerah di Jabar yang berstatus PPKM level2 sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 63 Tahun 2021 tentang PPKM Level III, Level II dan Level I Corona Virus Disease (COVID) di Wilayah Jawa dan Bali.

Dalam Inmendagri disebutkan bahwa kabupaten terluas kedua di Pulau Jawa dan Bali ini berada di PPKM level2bersama22 kabupaten/kota lainnya di Jabar. Ia menambahkan salah satu syarat setiap daerah bisa turun status levelnya yakni capaian vaksinasi COVID-19 minimalnya harus mencapai 50 persen dari total target sasaran.

 

Maka dari itu, Pemkab Sukabumi dibantu instansi lainnya seperti Polri, TNI, badan usaha, komunitas, relawan dan lain-lain terus berjuang untuk meningkatkan angka capaian vaksinasi dengan melakukan berbagai cara dan upaya seperti blusukan ke setiap permukiman warga, sosialisasi dan edukasi pentingnya vaksin hingga menggelar kegiatan vaksinasi massal.

Meskipun status PPKM level2 sudah disandang Kabupaten Sukabumi saat ini, namun tidak menyurutkan pemerintah dan berbagai instansi dalam melakukan percepatan vaksinasi untuk masyarakat, karena targetnya seluruh target sasaran mendapatkan vaksin demi menjaga kesehatan warga dari serang virus mematikan ini.

Tidak hanya imbauan untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan mulai dari mengenakan masker saat di luar rumah, menjaga jarak dan sesering mungkin mencuci tangan dengan sabun atau membilas menggunakan hand sanitizer setelah memegang sesuatu benda.

"Meskipun capaian vaksinasi sudah di angka 50 persen, program percepatan imunisasi COVID-19 secara massal akan tetap kami lanjutkan apalagi, Bupati Sukabumi menargetkan akhir 2021 capaian vaksinasi harus tembus 70 persen," tambahnya.

Adapun data capaian vaksinasi Kabupaten Sukabumi untuk total target sasaran sebanyak 2.136.590 jiwa yang sudah mendapatkan vaksin dosis pertama 1.118.891 jiwa (52,37 persen). Kemudian jumlah warga yang sudah menjalani vaksinasi dosis kedua sebanyak 495.051 jiwa (23,17 persen).

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement