BIN Gelar Vaksinasi ke Tiga Daerah di Jabar

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Muhammad Fakhruddin

BIN Gelar Vaksinasi ke Tiga Daerah di Jabar (ilustrasi).
BIN Gelar Vaksinasi ke Tiga Daerah di Jabar (ilustrasi). | Foto: ANTARA/Adiwinata Solihin

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Badan Intelijen Negara (BIN) terus berusaha mencapai target vaksinasi nasional. Salah satu upaya itu dilakukan dengan beberapa langkah, diantaranya dengan menggelar vaksinasi di berbagai tempat. Yakni, dari mulai di sekolah, pondok pesantren, hingga menyambangi langsung masyarakat atau door to door.

Vaksinasi massal digelar serempak di tiga wilayah Jawa Barat. Yakni Kabupaten Subang, Kabupaten Kuningan, dan Kabupaten Sukabumi, pada 1-3 Desember 2021. Vaksinasi ini, menyasar 17.500 orang warga. Khusus Kabupaten Kuningan, digelar Gebyar Vaksinasi dengan target sasaran 10.000 orang yang dimulai pada 1 Desember 2021. 

Pada hari yang sama, BIN juga menggelar vaksinasi massal yang menyasar masyarakat Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, tepatnya di Desa Kertaraharja, Desa Sukamaju, dan Desa Bojongkembar. Dalam kegiatan ini, 2.000 warga bakal mendapat suntikan vaksin Pfizer dan Sinovac. 

Selain itu, digelar pula vaksinasi massal bagi 3.000 warga di Desa Sukamandi Jaya, Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang. 

Selanjutnya BIN akan mengadakan vaksinasi massal di lapangan futsal RT 003/002 Desa Parigimulya, Kecamatan Cipunagara, Kabupaten Subang, Selasa (2/12), menyasar 1.000 orang warga.

Selain itu, di aula Desa Manyingsal dan aula Kantor Kecamatan Cipunagara, Kabupaten Subang, sebanyak 1.000 warga bakal mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 dari Sinovac. 

Serta di Balai Desa Sukahurip Jl Ciperis Km 05 Desa Sukahurip Kec Cijambe Kab  Subang yang menargetkan 500 orang warga.

“Spot-spot ini kita pilih karena persentasi vaksinnya belum mencapai 70 persen, terlebih wilayahnya pelosok dan jauh dari pusat pemerintahan. Sehingga kami masuk di tiga titik tersebut,” ujar Kepala BIN Daerah Jawa Barat Brigjen TNI Deddy Agus Purwanto, dalam siaran persnya, Kamis (2/12).

Deddy mengatakan, pihaknya sengaja menyasar wilayah-wilayah yang berada di pelosok dan jauh dari pusat pemerintahan guna membantu warga yang belum tervaksinasi corona. Hal ini,  untuk memercepat herd immunity atau kekebalan komunal di wilayah tersebut. 

Selain itu, kata Deddy, BIN juga mengadakan vaksinasi secara door to door atau mendatangi warga secara langsung. Langkah ini dilakukan untuk mencegah laju kematian akibat Covid-19. 

“Kami menargetkan saat ini bagaimana menekan angka laju kematian, makanya kami masuk di perumahan-perumahan padat penduduk,” kata Deddy. 

Sementara menurut Boam Abdulsalam, warga Bojongkembar, ia mengucapkan rasa terima kasih kepada BIN yang sudah menggelar vaksinasi massal di kampungnya. Ia pun berharap, pandemi Covid-19 yang telah melanda hampir dua tahun segera berakhir.

“Saya berharap kepada saudara-saudara saya warga Cikembar lainnya untuk mau divaksin Covid-19. Karena cara ini merupakan ikhtiar kita dalam mencegah penyebaran Covid-19 dan mengakhiri pandemi,” katanya. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Dalam Empat Hari, Lebih 20 Juta Vaksin Tiba di Tanah Air

Smart City Dinilai Efektif Jawab Layanan Publik di Sukabumi

Mengapa Ketahanan Tubuh Jamaah Umroh Penting?

Peningkatan Kasus Covid PTM di DIY Masih Terkendali

Polres Ciamis Periksa 'PeduliLindungi' Wisatawan Pangandaran

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image