Anies Luncurkan Fasilitas Digital Bagi Disabilitas di MRT

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Petugas membantu penyadang disabilitas saat menaiki MRT di Stasiun Bundaran HI, Jakarta Pusat, Jumat (3/12). Hari Disabilitas Internasional yang diperingati setiap tanggal 3 Desember itu untuk mendukung peningkatan martabat, hak dan kesejahteraan para penyandang disabilitas di lingkungan masyarakat. Republika/Putra M. Akbar
Petugas membantu penyadang disabilitas saat menaiki MRT di Stasiun Bundaran HI, Jakarta Pusat, Jumat (3/12). Hari Disabilitas Internasional yang diperingati setiap tanggal 3 Desember itu untuk mendukung peningkatan martabat, hak dan kesejahteraan para penyandang disabilitas di lingkungan masyarakat. Republika/Putra M. Akbar | Foto: Republika/Putra M. Akbar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta (Perseroda) meluncurkan layanan fasilitas digital bagi penyandang disabilitas di Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Jumat (3/12). Fasilitas yang disediakan bagi penyandang disabilitas itu adalah Digital Intelligent Assistant (Dina).

"Kami memiliki komitmen untuk memberikan fasilitas yang setara bagi seluruh warga. Sebagian dari warga kita membutuhkan pelayanan khusus, seperti saudara kita penyandang disabilitas," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan di Stasiun Bundaran HI, Jumat.

Melalui Dina, kata Anies, penumpang disabilitas dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi. Di antaranya, adanya teknologi panggilan melalui video atau video call. Nantinya, operator yang bertugas pada pusat operasi misalnya di Stasiun Bundaran HI bisa berkomunikasi langsung dengan penumpang penyandang disabilitas.

Peluncuran fasilitas tersebut juga sekaligus memperingati Hari Disabilitas Internasional, Anies mengingatkan warga Jakarta agar menghindari sikap memiliki kelebihan di atas para penyandang disabilitas.

"Semua memiliki kesetaraan, kesamaan, hanya terdapat kebutuhan yang berbeda-beda. Nah, prinsip ini yang diadopsi di Jakarta. Maka dari itu, saya apresiasi MRT yang sudah memfasilitasi," ujar Anies.

Direktur Utama PT MRT Jakarta, William P Sabandar menjelaskan, ada tiga stasiun yang menerapkan layanan Dina, yakni Stasiun Lebak Bulus, Blok M, dan Bundaran HI. William menuturkan, MRT Jakarta akan menerapkan layanan ramah disabilitas ini di seluruh stasiun.

"Kami memfungsikan layanan digital yang ramah disabilitas yang kita sebut dengan nama Dina. Inisiatif ini pertama di Indonesia, dan di dunia baru ada tiga negara yang mengaplikasikan, yakni Amerika Serikat, Kanada, dan Hong Kong," tutur William.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Anies Luncurkan Fasilitas Digital Bagi Disabilitas di MRT

Anies Apresiasi Komitmen PPP Perhatikan Kaum Difabel

Ketua DPRD Hapus Anggaran Sumur Resapan yang Diajukan Anies

Koantas Bima Gabung ke Jaklingko Bukti DKI Berbenah

Surat Anies ke Menaker Disebut tak Tepat, Ini Kata Wagub DKI

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image