Senin 06 Dec 2021 15:31 WIB

Menko Luhut Bertemu Menlu Cina di Zhejiang

Di bawah Xi Jinping dan Jokowi, hubungan kedua negara meningkat signifikan.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bertemu Menteri Luar Negeri (Menlu) Cina Wang Yi.
Foto: @MFA_China
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bertemu Menteri Luar Negeri (Menlu) Cina Wang Yi.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bertemu Menteri Luar Negeri (Menlu) Cina Wang Yi di Kabupaten Anji, Provinsi Zhejiang, Ahad (5/12). Pemerintah Indonesia menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Cina yang memberikan dukungan vaksinasi, obat-obatan, dan peralatan penanggulangan pandemi Covid-19 kepada Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Luhut menyatakan, Indonesia tetap memegang teguh prinsip 'Satu Cina'. Indonesia bersama dengan Cina, kata Luhut, bertekad mempercepat terealisasinya proyek dalam kerangka kerja sama Prakarsa Sabuk Jalan (BRI) dan secara aktif mendorong inisiatif pembangunan global.

Baca Juga

Sementara itu Wang Yi mengatakan, di bawah kepemimpinan Presiden Cina Xi Jinping dan Presiden Joko Widodo, hubungan kedua negara mengalami peningkatan secara signifikan. Kedua belah pihak, lanjut Wang, telah berhasil mengimplementasikan mekanisme kerja sama tingkat tinggi terkait dengan politik, ekonomi, kemasyarakatan, dan kemaritiman.

"Cina akan sekuat tenaga mendukung Indonesia dalam menyelenggarakan KTT G20 pada tahun depan," kata Wang yang merupakan anggota Dewan Pemerintahan Cina atau setingkat menteri koordinator itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement