Sebanyak 1.108 Purna Paskibraka Jabar Jadi Duta Pancasila

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Muhammad Fakhruddin

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) melalui Kedeputian Bidang Pengendalian dan Evaluasi melakukan rapat lintas Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam rangka menyusun peta jalan Pembinaan Ideologi Pancasila bagi generasi muda melalui program Paskibraka dan persiapan penetapan Purnapaskibraka Duta Pancasila se-Indonesia.
Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) melalui Kedeputian Bidang Pengendalian dan Evaluasi melakukan rapat lintas Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam rangka menyusun peta jalan Pembinaan Ideologi Pancasila bagi generasi muda melalui program Paskibraka dan persiapan penetapan Purnapaskibraka Duta Pancasila se-Indonesia. | Foto: BPIP

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Sebanyak 1.108 purna Paskibraka se-Jawa Barat ditetapkan sebagai duta pancasila oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Penetapan diawali dengan pengucapan ikrar delapan perwakilan purna Paskibraka di hadapan Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP Rima Agristina, yang disaksikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, di Aula Timur Gedung Sate, Sabtu (11/12).

Baca Juga

Selepas penetapan, Ridwan Kamil menitipkan kepada Duta Pancasila Jabar ini agar menjadikan Pancasila sebagai dasar dalam mengambil keputusan di keseharian.

"Saya menitipkan selalu jadikan Pancasila sebagai dasar mengambil keputusan dalam keseharian," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil.

Menurutnya,  Indonesia adalah negara bineka yang datang dari perbedaan dan disatukan oleh sebuah perjanjian agung, yaitu Pancasila. Bangsa Indonesia telah berjanji untuk berketuhanan, membela kemanusiaan, persatuan, selalu bermusyawarah, dan mendapatkan keadilan sosial. "Inilah yang membuat bangsa ini tetap utuh," kata Emil.

Emil melihat, saat ini ada lima tahapan kelompok masyarakat dalam memandang Pancasila. Pertama, yaitu kelompok yang masih hanya membaca Pancasila. Kemudian kelompok yang menghafal Pancasila, memahami Pancasila, mengkaji dan memperdalam Pancasila, serta kelompok yang sudah mengamalkan Pancasila.

Emil berharap, Duta Pancasila Jabar ada di kelompok kelima, yang mencerminkan arti duta Pancasila yang sebenarnya.

"Adik-adik harus sudah melewati yang hanya sekadar membaca, menghafal, memahami, mengkaji. Jadilah di level kelima, yaitu Duta Pancasila yang mengamalkan karena itulah Duta Pancasila yang sebenarnya," katanya. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Kepala BPIP: Pancasila Konsensus Berbangsa dan Bernegara

Amandemen Konstitusi Tambal Sulam, Sistem Politik Terganggu

Ketum PA GMNI Apresiasi Jokowi Bentuk BPIP

Dirjen Bimas Islam: DPR AS Kagumi Keragaman di Indonesia

BPIP: Guru Profesional Lahirkan Murid Berkarakter Kebangsaan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image