Ridwan Kamil Undang Pengusaha Amerika Serikat Berinvestasi di Jabar

Rep: arie lukihardianti/ Red: Hiru Muhammad

 Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menjadi pembicara dalam acara US-Indonesia Investment Summit 2021
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menjadi pembicara dalam acara US-Indonesia Investment Summit 2021 | Foto: Rizal FS/Biro Adpim Jabar

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil intens mengundang investor global untuk berinvestasi di Jabar. Kali ini, Ridwan Kamil meyakinkan pengusaha Amerika Serikat untuk menanamkan modal di Jabar.

"Saya mengundang para investor Amerika Serikat untuk berinvestasi di Jawa Barat," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil saat menjadi pembicara dalam acara US-Indonesia Investment Summit 2021 'Moving On: Getting Past Covid' secara virtual di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (13/12).

Baca Juga

Menurut Emil, Jabar memiliki potensi yang sangat besar. Dari sisi pasar, Jabar memiliki jumlah penduduk yang terbesar di Indonesia. 

Dari sisi ekonomi, kata dia, Jabar juga mencatatkan kinerja yang baik. Misalnya pada semester I-2021, ekonomi Jabar berhasil tumbuh 6,13 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year on year/yoy). Sedangkan dari sisi investasi, Jabar terbaik di Indonesia. Per semester I-2021, investasi yang masuk ke Jabar mencapai USD5,17 miliar."Saya sangat bahagia, saya laporkan bahwa investasi Jawa Barat juara se-Indonesia. Pada semester I-2021 realisasi investasi Jabar sudah USD5,17 miliar. Pertumbuhan ekonomi kami 6,13 persen pada semester I-2021," kata Emil. 

Apalagi, kata Emil, Jabar akan mengembangkan Kawasan Rebana. Ada 43,913 hektare (ha) lahan tersedia yang meliputi wilayah Subang, Indramayu, Cirebon hingga Majalengka. 

Kawasan Rebana ini akan ditunjang oleh infrastruktur berkelas. Pertama, Jabar memiliki salah satu bandara terbesar yakni Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) yang ada di Kertajati. 

Bandara ini siap menyambut para investor menyusul akan tersambungnya BIJB dengan jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu). Selain itu, Jabar juga akan memiliki salah satu pelabuhan terbesar di Indonesia yang terletak di Patimban. 

"Kualitas infrastruktur lebih baik. Kami membangun tol, akan ada jalan Tol Cisumdawu yang menghubungkan Bandung ke Bandara Kertajati. Jadi bandara kami siap untuk aktivitas bisnis. Kami punya pelabuhan terbesar di Indonesia yaitu Patimban. Dan banyak alasan lain," katanya.

Para investor yang masuk juga akan didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Berdasarkan survei, SDM Jabar merupakan salah satu yang paling produktif sehingga banyak investor tertarik berinvestasi di Jabar. 

Selanjutnya, para investor juga akan mendapat pelayanan yang baik, seperti dibantu mengurus perizinan hingga berbagai insentif yang akan diberikan kepada calon investor. "Kami punya SDM yang produktivitasnya sangat baik. Kemudian, kami selalu konsisten untuk melayani investor yang datang," katanya. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Pembangunan Jabar Fokus Jalan Nasional Sampai Infrastruktur Transportasi

Ridwan Kamil Respons Denny Siregar Soal Kasus Herry Wirawan

Gubernur Jabar Lepas Ekspor Jengkol Sampai Salak ke Dubai

Kang Emil Minta Publik Empati ke Santriwati Korban Pemerkosaan

Ridwan Kamil Desak DPR Sahkan RUU PKS

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

[email protected]

Ikuti

× Image