Satu Keluarga di Cianjur Berhasil Selamat Meski Tertimbun Longsor

Red: Nidia Zuraya

Longsor (Ilustrasi)
Longsor (Ilustrasi) | Foto: Antara/Fikri Yusuf

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Satu keluarga terdiri dari empat jiwa warga Kampung Limus Gede, Desa Girimukti, Kecamatan Campaka, Cianjur, Jawa Barat, berhasil selamat meski sempat tertimbun longsor yang melanda perkampungan mereka. Seorang di antara anggota keluarga yang tertimbun longsor adalah balita berusia 1,5 tahun. 

Sekretaris BPBD Cianjur, Rudi Labis mengatakan longsor yang melanda Kampung Limus Gede, berawal saat hujan turun deras dengan intensitas lebih dari dua jam, menyebabkan tebing setinggi 20 meter di belakang perkampungan longsor dan menimpa satu rumah warga."Seorang balita yang sempat tertimbun material longsor bernama Raya dan empat orang anggota keluarga lainnya, berhasil selamat, meski sempat tertimbun longsoran setinggi dua meter. Balita dan keluarganya sudah mendapatkan penanganan medis di RSUD Cianjur," katanya di Cianjur, Kamis (16/12).

Baca Juga

Ia menjelaskan, hingga saat ini, pihaknya masih menunggu data dari petugas yang langsung dikirim ke lokasi, termasuk mendata kondisi satu keluarga yang sempat tertimbun longsor yang sudah dipulangkan dari rumah sakit.

Sedangkan data sementara, satu rumah milik Aos (33) rusak berat karena tertimbun longsoran tanah tebing, empat lainnya rusak sedang dan puluhan rumah lainnya terancam. 

Belasan kepala keluarga terpaksa mengungsi karena ditakutkan longsor susulan kembali terjadi."Kami masih menunggu data pasti dari lapangan, namun informasi sementara satu rumah rusak berat, empat rumah rusak sedang dan puluhan lainnya terancam. Untuk sementara warga mengungsi ke tempat aman karena curah hujan kembali tinggi menjelang malam, sehingga berpotensi terjadi longsor susulan," katanya.

Sementara keterangan warga sekitar dan saksi mata, menyebutkan longsor yang terjadi tiba-tiba saat hujan deras dengan intensitas tinggi, membuat sebagian besar warga diam di dalam rumah. Sehingga saat tebing setinggi 20 meter longsor, langsung menimpa rumah milik keluarga Aos.

Mendapati hal tersebut, warga langsung berhamburan ke lokasi, untuk membantu mengevakuasi satu kelurga terdiri dari lima jiwa di dalam rumah yang sebagian besar tertimbun material longsor. Setelah berhasil dievakuasi mereka langsung dibawa ke RSUD Cianjur, untuk mendapatkan pertolongan medis.

"Keempat orang yang terdiri dari satu keluarga itu, berhasil diselamatkan, termasuk anak bungsu Aos yang baru berusia 1,5 tahun. Kami bersama aparat kecamatan langsung membawa satu keluarga ke rumah sakit," kata saksi mata warga sekitar Hilman.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


10 Warga Terluka karena Tertimpa Longsoran Tanah di Cianjur

Akses Jalan Menuju Selatan Cianjur Dapat Dilalui Kembali

Longsor Landa Dua Kecamatan di Cianjur

Puluhan Warga Cianjur Terpapar Covid dari Klaster Pengungsi

BPBD dan Petugas Gabungan Cianjur Bersihkan Material Longsor

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image