Cara Baru Nikmati Wisata di Cirebon, Naik Pesawat Terbang

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Ilham Tirta

Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati.
Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati. | Foto: Dok Pemkot Cirebon

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Para wisatawan kini bisa menikmati pemandangan Cirebon dari atas udara dengan menggunakan pesawat terbang. Hal itu setelah Alfa Flying School membuka wisata udara dengan terbang di atas langit Cirebon.

Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati pun berkesempatan menjajal fun flight itu, Jumat (17/12). Dia mengaku bersyukur bisa berkesempatan menikmati wisata dari udara menggunakan pesawat Cessna 172. "Ini pengalaman pertama saya. Mengasyikkan,’’ kata Eti.

Baca Juga

Eti menikmati wisata udara itu dengan ditemani Kepala Polres Cirebon Kota, AKBP Fahri Siregar. Pilot Cessna 172 yang telah berlisensi membawa mereka terbang ke langit Cirebon, salah satunya melihat aktivitas pelabuhan Cirebon dari udara.

"Tadi keliatan dari atas, garis pesisir pantai. Balai kota juga kelihatan,’’ kata Eti.

Eti pun mengapresiasi langkah Alfa Flying School yang membuka wisata udara dengan berkeliling di atas wilayah Cirebon menggunakan pesawat terbang. Keberadaan wisata udara itu diyakini akan menunjang pariwisata di Kota Cirebon dan sekitarnya.

Hal senada diungkapkan Kapolres Cirebon Kota, AKBP Fahri Siregar. Dia mengaku sangat antusias menikmati wisata dari udara menggunakan pesawat terbang. "Ini juga pengalaman pertama saya terbang menggunakan pesawat Cessna,’’ kata Fahri.

Jajaran Polres Cirebon Kota, lanjut Fahri juga sangat mendukung wisata tersebut. Pihaknya siap mendukung pariwisata di Kota Cirebon dari segi pengamanan.

Direktur Utama sekaligus Kepala Sekolah Alfa Flying School, Capt Hamdan Rosiadi menjelaskan, Kota Cirebon memiliki banyak potensi wisata yang masih bisa digali. Salah satunya wisata melalui udara, dengan berkeliling di wilayah udara Cirebon menggunakan pesawat Cessna.

"Pilot kami memiliki lisensi untuk penerbangan wisata. Jadi bukan siswa yang menjadi pilotnya,’’ kata Hamdan.

Wisata menggunakan pesawat Cessna 172 keluaran 1997 itu akan dimulai Januari 2022 mendatang dan terbuka untuk penumpang umum. Wisata udara dibuka setiap hari, Senin sampai Ahad, mulai pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB, dengan berkeliling di atas wilayah Cirebon selama satu jam.

Adapun biaya wisata menggunakan pesawat itu sebesar Rp 4.500.000. "Bagi yang belum mau langsung terbang bisa menggunakan simulator pesawat dulu,’’ kata dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image