Polrestabes Dirikan 19 Pos Pantau Libur Nataru di Bandung

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Bayu Hermawan

Jalan Ir. H Juanda (Dago) Bandung, Jawa Barat. (Foto: ilustrasi)
Jalan Ir. H Juanda (Dago) Bandung, Jawa Barat. (Foto: ilustrasi) | Foto: ANTARA/raisan al farisi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resort Kota Besar (Satlantas Polrestabes) Bandung akan mendirikan 19 pos pemantauan dan pengamanan selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Polrestabes Bandung tidak akan menerapkan pembatasan kendaraan ganjil genap serta penyekatan selama libur Nataru.

"Jadi untuk polri sendiri nanti ada 19 pos yang berdiri. 15 pospam dan 4 pos pelayanan itu berada di dua terminal Cicaheum dan Leuwipanjang dan dua di stasiun Bandung dan Kiaracondong," ujar Kepala Unit Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa) Satlantas Polrestabes Bandung, AKP Asep Kusmana Rabu (22/12).

Baca Juga

Asep menjelaskan. pos pengaman akan didirikan di titik-titik keramaian masyarakat. Petugas yang akan berjaga di pos pelayanan yaitu tim gabungan Satgas Covid-19 sedangkan di pos pengamanan yaitu petugas kepolisian, anggota TNI dan Dishub, Satpol PP Kota Bandung.

Asep mengatakan selama pemantauan dan pengawasan libur nataru berlangsung tidak akan diberlakukan ganjil genap kendaraan maupun penyekatan jalan. Apabila terjadi kemacetan maka akan segera dilakukan pengalihan arus lalu lintas.

"Jadi ada beberapa cara bertindak ada kondisi lalu lintas normal, untuk cara bertindak petugas melakukan pengaturan penjagaan dan patroli. kalau kondisi macet akan melakukan beberapa cara bertindak, seperti rekayasa pengalihan, bisa juga dilakukan contraflow atau one way kalau itu sangat padat," katanya.

Ia mengungkapkan pihaknya juga akan mengantisipasi wisatawan yang akan menuju ke objek wisata. Pihaknya memastikan tidak akan melakukan pemeriksaan kepada pengendara sebab tidak terdapat pos penyekatan.

"Yang kita arahkan itu pengetatan penerapan protokol kesehatan, kita menghindari kemacetan karena di kepolisian ada tim urai kemacetan dan kepadatan," katanya.

Asep mengimbau masyarakat untuk menahan diri tidak bepergian saat libur nataru dan merayakan malam tahun baru 2022 di rumah. "Untuk masyarakat tahan diri dulu, untuk melakukan perayaan malam tahun baru cukup rayakan di rumah saja agar kondisi di Kota bandung segera pulih normal," katanya.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Jelang Nataru, Pemkot Malang Ajak Masyarakat Jaga Keamanan Kota

Ratusan Pemudik Masuk Jateng, Kapolda: 'Tingkatkan Pemeriksaan dan Pendataan'

Sultan HB X Minta Pelaku Wisata Jadi Teladan Disiplin Prokes

Kapolres Minta Penerapan Prokes di Lingkungan Ibadah Diperkuat Selama Nataru

Libur Nataru, Plt Wali Kota Bandung Tegaskan Bakal Ada Pembatasan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image