Jumat 24 Dec 2021 17:23 WIB

Jabar Komitmen Dorong Kemandirian Ekonomi Penyandang Disabilitas

Pemprov Jabar berkomitmen dorong kemandirian ekonomi penyandang disabilitas.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Bayu Hermawan
Bunda Asuh Disabilitas Jabar Atalia Praratya Ridwan Kamil
Foto: Istimewa
Bunda Asuh Disabilitas Jabar Atalia Praratya Ridwan Kamil

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) membuktikan komitmennya dalam mendorong kemandirian ekonomi penyandang disabilitas. Salah satunya dengan menggelar kegiatan Pemberdayaan UKM Penyandang Disabilitas di Plaza Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (23/12). 

Bunda Asuh Disabilitas Jabar, Atalia Praratya Ridwan Kamil, bersama Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia mengunjungi 60 UKM penyandang disabilitas Jabar yang turut serta dalam acara tersebut. 

Baca Juga

Menurut Atalia, penyandang disabilitas berhak sejahtera dan mandiri secara ekonomi. Dalam kegiatan tersebut, semangat penyandang disabilitas untuk terus berinovasi dan mempromosikan produknya meletup-letup. 

"Setiap orang berhak bahagia melalui kemandirian ekonominya. Karena rezeki itu harus dijemput," kata Atalia. 

Atalia mengaku, bangga dengan dedikasi Angkie Yudistia yang intens memotivasi pelaku UKM penyandang disabilitas di seluruh Indonesia, khususnya Jabar. "Saya bangga terhadap Bu Angkie yang bisa menjadi teladan bagi kita semua yang hadir di sini," katanya. 

Berdasarkan data Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Provinsi Jabar, jumlah pelaku UMKM penyandang disabilitas di Jabar mencapai 271 ribu. "Semua berhak memiliki kesempatan yang sama, semua bisa sukses, berkarier termasuk juga para penyandang disabilitas," kata Atalia. 

Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia, mendorong pelaku UKM penyandang disabilitas untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman, termasuk dalam mempromosikan dan memasarkan produknya. 

"Transformasi digital itu penting bagi pelaku UMKM disabilitas, agar adaptif dalam mengakselerasi teknologi," kata Angkie. 

Angkie mengapresiasi gebrakan Pemprov Jabar dalam memberikan pelayanan maksimal terhadap peningkatan inklusivitas ekonomi penyandang disabilitas. "Jabar ini berhasil membuktikan, mewujudkan ekonomi inklusivitas dan membentuk itu dimulai dari kita," katanya. 

Angkie mengatakan, kehadirannya dalam acara tersebut merupakan salah satu bukti bahwa pemerintah peduli terhadap keberlangsungan hidup para penyandang disabilitas. 

"Teman-teman jangan patah semangat bentuk kita hadir itu, kita peduli  dan perhatian di setiap program pemerintah terhadap disabilitas," katanya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement