Selasa 28 Dec 2021 05:57 WIB

Bupati Ade Yasin Meresmikan Enam Taman Sekaligus

Semua taman yang diresmikan di Kabupaten Bogor masih tutup akibat PPKM.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Bupati Bogor, Ade Munawaroh Yasin.
Foto: Humas Pemkab Bogor
Bupati Bogor, Ade Munawaroh Yasin.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin meresmikan enam taman yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, yang menggunakan anggaran daerah pada 2021. Meski sudah diresmikan, kata dia, taman tersebut belum bisa dibuka untuk umum.

"Alhamdulillah, terlaksana dengan baik, banyak halangan dan rintangan sudah kita lewati," katanya dalam sambutan peresmian enam taman secara simbolis di Taman Tugu Pancakarsa, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Senin (27/12) malam WIB.

Baca Juga

Enam taman tersebut, yaitu Taman Perubahan Bojonggede, Taman Tematik Jasinga, Alun-Alun Lewiliang, Taman Tematik Klapanunggal, Alun-Alun Cariu, dan Taman Tugu Pancakarsa. Ade menyebutkan, taman itu masih tutup selama libur Natal dan Tahun Baru 2022.

Hal itu sesuai aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat yang berlaku sejak 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022. Menurut Ade, Pemkab Bogor menggunakan anggaran daerah senilai Rp 356,5 miliar untuk program mempercantik wajah ibu kota (city beautification project).

Pembangunannya, meliputi Tugu Pancakarsa, jalur pedestrian, peningkatan kualitas jalan, hingga pengadaan tempat sampah di kawasan Cibinong raya. "Kita akan selesaikan satu per satu karena keterbatasan anggaran, jadi bertahap. Kami ingin menunjukkan wajah Cibinong yang ramah, bersih, dan indah," kata Ade.

Menurut Ade, penggunaan anggaran tersebut tersebar di empat organisasi perangkat daerah. Perinciannya, sebesar Rp 328 miliar di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Rp 21 miliar di Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (DPKPP), Rp 437 juta di Dinas Lingkungan Hidup, serta Rp 7,3 miliar di Dinas Perhubungan.

Kepala DPKPP Kabupaten Bogor, Ajat Rohmat Jatnika menjelaskan, enam taman dan alun-alun yang diresmikan tersebut merupakan hanya sebagian dari pekerjaan pada tahun ini, Pasalnya di tahun yang sama, Pemkab Bogor juga telah meresmikan beberapa taman.

Di antaranya, Alun-Alun Cirimekar di Cibinong, dan Taman Inspirasi di area gedung DPRD Kabupaten Bogor, yang belum diresmikan. Ajat memastikan, masyarakat bisa mengunjungi taman milik Pemkab Bogor ketika aturan PPKM dari pusat sudah membolehkan taman dibuka untuk umum.

"Hari ini hanya diresmikan, bukan dibuka. Jadi tidak dibuka untuk ditutup. Nantinya, masyarakat warga manapun boleh berkunjung karena fasilitas umum tidak terbatas wilayah administratif," kata Ajat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement