Rabu 29 Dec 2021 18:15 WIB

31 Ribu Anak di Kota Cirebon Jadi Target Vaksinasi Covid-19

Dalam pelaksanaan vaksinasi anak, Puskesmas akan bekerja sama dengan sekolah-sekolah.

Vaksinasi Covid-19 di Kota Cirebon terus dilakukan percepatan. Upaya tersebut dimulai dari tingkat RW dengan sasaran usia 12 tahun keatas. Antusias pelajar untuk mengikuti vaksinasi pun cukup tinggi.
Foto: diskominfo kota cirebon
Vaksinasi Covid-19 di Kota Cirebon terus dilakukan percepatan. Upaya tersebut dimulai dari tingkat RW dengan sasaran usia 12 tahun keatas. Antusias pelajar untuk mengikuti vaksinasi pun cukup tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Vaksinasi Covid-19 terhadap anak-anak berusia 6-11 tahun di Kota Cirebon, dimulai, Selasa (28/12). Vaksinasi akan dilakukan di sekolah-sekolah untuk mempermudah dalam pelaksanaannya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, Edy  Sugiarto, menyebutkan, ada 31.408 anak berusia 6-11 tahun di Kota Cirebon yang menjadi target vaksinasi Covid-19. Dia optimis target itu bisa segera tercapai.

Baca Juga

"Insya Allah awal Februari 2022 selesai," ujar Edy.

Kick off vaksinasi anak itu digelar selama dua hari. Target vaksinasi anak selama kick off tersebut mencapai seribu anak per hari. Edy mengatakan, setelah kick off, kegiatan vaksinasi Covid-19 akan dilanjutkan oleh seluruh Puskesmas. Mereka akan terus mengejar target vaksinasi anak setiap harinya.

Edy mengungkapkan, dalam pelaksanaan vaksinasi anak, pihak Puskesmas akan bekerja sama dengan sekolah-sekolah. Dengan demikian, vaksinasi bisa mudah dilakukan.

"Setelah kick off ini, petugas puskesmas yang datang ke sekolah-sekolah," kata Edy.

Edy menyebutkan, vaksin yang digunakan untuk anak-anak itu adalah Sinovac 0,5 cc. Dia menyatakan, vaksin tersebut aman bagi anak-anak.

Tak hanya menyasar anak-anak sekolah, lanjut Edy, vaksinasi Covid-19 juga menargetkan para orang tua atau keluarga yang mengantar anak-anak mereka ke sekolah. Bagi orang tua atau siapapun yang belum divaksin, maka mereka akan ikut divaksin.

"Jadi bagi orang tua atau keluarga yang mengantar anak ke sekolah dan belum divaksin, akan divaksin sekalian," kata Edy.

Edy mengakui, saat ini anak sekolah sudah libur dan tidak beraktivitas di sekolah. Namun, hal itu tidak menjadi masalah karena ada sejumlah sekolah, seperti madrasah, yang tidak libur dan bersedia untuk melakukan vaksinasi Covid-19. "Kita akan koordinasi dengan kepala sekolahnya," terang Edy.

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis, mengapresiasi semua pihak yang membantu pelaksanaan vaksinasi Covid-19 terhadap anak-anak di Kota Cirebon. Dia optimis, target vaksinasi bagi anak bisa segera tercapai.

"Kami yakin target vaksinasi anak akan segera tercapai," kata Azis.

Azis mengungkapkan, target vaksinasi anak merupakan anak-anak usia sekolah. Karena itu, pihaknya bekerja sama dengan sekolah-sekolah dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut.

"Ini akan memudahkan kita untuk mencapai target vaksinasi," kata Azis.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement