Jumat 07 Jan 2022 18:31 WIB

Disdik dan PWI Jabar Matangkan Program Literasi Media

Media massa berperan signifikan dalam menyukseskan program pendidikan.

Jajaran pengurus PWI Jabar dan Kepals Disdik Jabar Dedi Supandi berfoto bersama seusai membicarakan program literasi media dan informasi di Kantor Disdik Jabar, Kota Bandung, Jumat (7/1).
Foto: Istimewa
Jajaran pengurus PWI Jabar dan Kepals Disdik Jabar Dedi Supandi berfoto bersama seusai membicarakan program literasi media dan informasi di Kantor Disdik Jabar, Kota Bandung, Jumat (7/1).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat dan Dinas Pendidikan  (Disdik) Provinsi Jabar sepakat menjalin kerja sama di bidang literasi media dan informasi. Kesepakatan itu dijalin dalam silaturahim jajaran pengurus PWI Jabar dan Kepala Disdik Jabar Dedi Supandi di Kantor Disdik Jabar, Kota Bandung, Jumat (7/1).

Jajaran pengurus PWI Jabar yang hadir dalam pertemuan, yakni Ketua PWI Jabar Hilman Hidayat, Sekretaris Tantan Sulthon Bukhawan, Bendahara Ati Suprihatin, dan para Wakil Ketua Bidang Organisasi Ahmad Syukri, Wakil Ketua Bidang Pendidikan Roberto Purba, Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan Satriya G, dan Wakil Ketua Bidang Kerjasama Lembaga Sandy F.

Kepala Disdik Jabar Dedi Supandi mengatakan, pembangunan di sektor pendidikan membutuhkan topangan pemberitaan dari media massa. Kata dia, masyarakat sangat membutuhkan informasi terkait program pembangunan di sektor pendidikan.  

‘’Dengan pemberitaan di media massa, maka program pembangunan di sektor pendidikan akan menghadirkan kebermanfaatan secara maksimal,’’ ujar Dedi di kantornya, Jumat (7/1). Sesuai amanat Gubernur Jabar Ridwan Kamil, organisasi perangkat daerah (OPD) termasuk Disdik Jabar, wajib menjalin kolaborasi dengan media.

Untuk itu, pihaknya berkomitmen menguatkan sinergi dengan media, khususnya dengan PWI Jabar. Menurut Dedi, banyak hal yang dapat dikolaborasikan, termasuk mengenai literasi media. Dengan kolaborasi tersebut, sebut dia, maka dapat meningkatkan keahlian peserta didik.

‘’Di Jabar, banyak SMK yang memasukkan materi pelajaran jurnalistik. Untuk itu, PWI Jabar dapat memberikan pembekalan mengenai jurnalistik,’’ tambahnya. Dengan kolaborasi tersebut, sambung Dedi, diharapkan ada sosialisasi kepada sekolah-sekolah terkait kiprah pers.

Ketua PWI Jawa Barat Hilman Hidayat mengatakan, kunjungan ke Disdik Jabar bertujuan untuk menguatkan sinergitas yang selama ini telah terjalin. Di bawah kepengurusan PWI Jabar saat ini, pihaknya memiliki beberapa program yang berpeluang dikolaborasikan dengan Disdik Jabar.

‘’Sektor pendidikan menjadi salah satu fokus PWI Jabar,’’ ujuarnya. Untuk itu, pihaknya siap mendorong kemajuan bidang pendidikan, khususnya di Provinsi Jabar.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement