Jumat 14 Jan 2022 16:39 WIB

Masyarakat di Tasikmalaya Rasakan Guncangan Gempa

Guncangan gempa dirasakan berlangsung cepat, hanya sekitar satu detik.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Andi Nur Aminah
Petugas BMKG memantau perkembangan gempa (ilustrasi).
Foto: Antara/Izaac Mulyawan
Petugas BMKG memantau perkembangan gempa (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Masyarakat di Kota Tasikmalaya sempat merasakan guncangan gempa bumi pada Kamis (14/1/2022) sekitar pukul 16.05 WIB. Namun, guncangan gempa berlangsung cepat, hanya sekitar satu detik.

Salah seorang warga Kota Tasikmalaya, Faisal (35), mengaku sempat merasakan gempa itu. Ketika kejadian, ia sedang tiduran di rumah. "Tahu-tahu goyang. Lumayan kencang, tapi cuma sekali," kata dia, Kamis.

Baca Juga

Usai merasakan guncangan gempa itu, ia kemudian memastikannya ke beberapa orang. Menurut dia, yang lain juga merasakan guncangan gempa itu. "Sempat panik, saya cari tahu, ternyata pusatnya di Banten," kata dia.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, tak muncul kepanikan akibat guncangan gempa itu. Sebab, guncangan hanya terjadi satu detik.

 

Dari informasi yang dihimpun dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa bumi dengan kekuatan 6,7 SR pada Kamis sekitar pukul 16:05:41 WIB. Pusat gempa itu berada di koordinat 7.01 LS dan 105.26 BT dengan kedalaman 10 kilometer (km).

Pusat gempa berada di jarak 52 km arah barat daya Sumur, Banten. Gempa itu disebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement