Dinas PUPR Depok Lakukan Normalisasi Situ Cilodong 

Rep: Rusdy Nurdiansyah / Red: Agus Yulianto

Prajurit Kostrad bahu membahu membersihkan Situ Cilodong.
Prajurit Kostrad bahu membahu membersihkan Situ Cilodong. | Foto: Penkostrad

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Upaya normalisasi Situ Cilodong terus dilakukan Satuan Tugas (Satgas) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok. Termasuk dengan cara manual menggunakan kubus apung HDPE.

"Kami terjunkan satu regu Satgas yang terdiri dari 10 orang untuk melakukan pembersihan Situ Cilodong secara manual dan dibantu dengan kubus apung HDPE guna menjangkau sampah yang berada di tengah situ," ujar Kepala Dinas PUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty di Kantor Dinas PUPR Kota Depok, Selasa (18/1). 

Setelah sampah terkumpul di pinggir, katanya, kemudian diangkut menggunakan mobil dan dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung. Menurut dia, kegiatan ini rutin dilakukan selama alat berat belum bisa ditempatkan di Situ Cilodong. 

 

photo
Situ Cilodong - (depok-wisata.blogspot.com)
 

Untuk lama pengerjaan, pihaknya tidak bisa memastikan karena memasuki musim hujan sehingga sampah tidak bisa diprediksi. "Alat berat kami terbatas jumlahnya, jadi selama masih ditempatkan di situ lain, kami memaksimalkan Satgas yang ada. Meski manual, kami melengkapi petugas dengan alat keselamatan," ujarnya. 

Dia berharap, normalisasi ini bisa mengembalikan fungsi situ secara maksimal. Terlebih, saat ini, memasuki musim penghujan dan rentan akan adanya genangan maupun banjir.

"Kami harap masyarakat juga turut membantu pemerintah dalam melakukan normalisasi saluran air sekitar. Sehingga diharapkan, tidak terjadi banjir akibat luapan situ," harap Citra. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Pengerukan Sedimen Lumpur di Kali Banger

Optimisme Anies dan Pansus Sumur Resapan

Perbaiki Drainase, Dinas PUPR Kota Depok Tutup Jalan Raden Saleh

Pemkab Sidoarjo Genjot Normalisasi Sungai Antisipasi Banjir

Antisipasi Banjir, Petugas Gabungan Bersihkan Kali Sunter

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image