Selasa 18 Jan 2022 20:25 WIB

Pendaftaran SNMPTN Sudah Dibuka, Yuks Cari Tahu Caranya

Pendaftaran bisa dilakukan di website milik LTMPT ditautan https://ltmpt.ac.id/.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati / Red: Agus Yulianto
Pendaftaran SNMPTN
Foto: Antara
Pendaftaran SNMPTN

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah dibuka mulai dari 10 Januari hingga 15 Februari 2022.  Pendaftaran bisa dilakukan para siswa di website milik Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) ditautan https://ltmpt.ac.id/.

Namun, baik siswa maupun sekolah yang akan mendaftarkan diri, sebelumnya terlebih dahulu harus registrasi akun. LTMPT sebelumnya sudah membuka pendaftaran atau registrasi akun sekolah. Jadwal registrasi untuk akun LTMPT bagi sekolah-sekolah sudah berlangsung sejak 4 Januari 2022.

Dikutip Republika.co.id dari akun LTMPT, registrasi akun LTMPT untuk sekolah dilakukan secara dalam jaringan di tautan https://ltmpt.ac.id/. Sedangkan registrasi akun LTMPT bagi para siswa dibuka mulai Senin, 10 Januari 2022, pukul 15.00 WIB. 

Registrasi akun LTMPT, baik bagi sekolah dan siswa kelas 12, akan dibuka hingga 15 Februari 2022. Siswa juga dapat melakukan registrasi akun LTMPT untuk Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) pada 14 Februari hingga 17 Maret 2022.

 

Berikut jadwal terbaru pelaksanaan SNMPTN 2022:

Penutupan Masa Sanggah Kuota Sekolah: 17 Januari 2022. Registrasi Akun LTMPT Sekolah: 4 Januari-8 Februari 2022. Registrasi Akun LTMPT Siswa: 10 Januari-15 Februari 2022. Sosialisasi PDSS: 1 Desember 2021-8 Februari 2022.

Sosialisasi SNMPTN 2022: 1 Desember 2021-28 Februari 2022. Launching kegiatan PMB: 4 Januari 2022. Penetapan Siswa Eligible: 4 Januari-8 Februari 2022. Pengisian PDSS: 8 Januari-8 Februari 2022. Pendaftaran SNMPTN: 14-28 Februari 2022. Pengumuman hasil SNMPTN: 29 Maret 2022.

Setiap tahap prosesnya akan diakhiri pada pukul 15.00 WIB, sesuai tanggal yang telah ditetapkan.

Sementara itu, ketentuan upload foto setelah registrasi akun LTMPT: Pasfoto ukuran 4 cm x 6 cm dengan resolusi minimal 200px x 300px atau kurang lebih 250 dpl dan ratio aspek 2:3.  Pasfoto dapat berwarna apa pun dengan latar belakang polos. Format foto JPG, JPEG, atau PNG

Ukuran pasfoto minimal 80 Kb dan maksimal 300 Kb. Pasfoto berbentuk vertikal atau potrait. Posisi badan dan kepala tegak sejajar menghadap kamera

Kualitas foto harus tajam dan fokus. Tidak ada bagian kepala yang terpotong dan wajah tidak boleh tertutup ornamen. Kepala terletak di tengah secara horizontal (jarak kepala ke batas kiri kurang lebih sama dengan jarak kepala ke batas kanan).

Penyesuaian pasfoto: Setelah mengunggah foto, berikut ini cara menyesuaikan pasfoto agar bagian wajah tampak dengan jelas. Kemudian sesuaikan posisi kepala dan wajah dengan area panduan menggunakan alat bantu zoom, move, dan rotate

Kemudian tekan tombol crop jika kepala dan wajah sudah memenuhi area panduan. Lihat hasil akhir penyesuaian, kemudian tekan tombol simpan. Setelah itu, klik tombol selanjutnya untuk melakukan konfirmasi akhir. Kemudian tekan tombol Selanjutnya untuk berpindah ke halaman konfirmasi data. 

Pastikan data yang Anda masukkan sudah benar. Jika sudah yakin, centang pernyataan dan tekan tombol simpan permanen. 

Jika sudah melakukan simpan permanen, maka data Anda tidak dapat diubah kembali. Kemudian unduh data dengan mengeklik tombol Unduh Bukti Permanen berwarna merah. Simpan bukti permanen data di tempat yang aman dan jangan sampai hilang. 

Sebagai catatan, sesuai dengan disclaimer pada laman pendaftaran Akun LTMPT, apabila sudah melakukan simpan permanen maka data pada Akun LTMPT tidak dapat diubah kembali. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement