OP Minyak Goreng di Sukabumi, Warga Merasa Terbantu

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Irfan Fitrat

Sejumlah warga mengantre untuk membeli minyak goreng saat operasi pasar (OP) di Pasar Pelita, Kota Sukabumi, Selasa (18/1/2022).
Sejumlah warga mengantre untuk membeli minyak goreng saat operasi pasar (OP) di Pasar Pelita, Kota Sukabumi, Selasa (18/1/2022). | Foto: Republika/Riga Nurul Iman

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Harga minyak goreng di pasaran masih terbilang tinggi. Karenanya, sejumlah warga rela mengantre untuk bisa mendapatkan minyak goreng saat digelar operasi pasar (OP) di Pasar Pelita, Kota Sukabumi, Selasa (18/1/2022).

OP minyak goreng di Pasar Pelita sudah digelar sejak Senin (17/1/2022). Pada OP hari kedua, masih banyak warga yang berdatangan untuk bisa mendapatkan minyak goreng. Salah satunya Deni (40 tahun), warga asal Kecamatan Cikole. “Sejak pagi antre, dan alhamdulillah, bisa membeli dua liter minyak dengan harga murah,” ujar dia, yang sehari-hari berjualan camilan kue pukis itu.

Minyak goreng pada OP ini dijual Rp 14 ribu per liter. Bagi Deni, adanya OP ini dapat membantu warga, khususnya pelaku UMKM seperti dirinya. Pasalnya, saat membeli minyak goreng di warung atau toko, kata dia, harganya masih berkisar Rp 20 ribu per liternya.

Warga asal Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Eneng Rani (50), juga bersyukur bisa mendapatkan minyak goreng dengan harga di bawah pasaran. “Minyak goreng lagi mahal, dan di sini dijual masih harga dulu,” ujarnya.

OP di Pasar Pelita, Kota Sukabumi, ini juga dimanfaatkan warga dari daerah tetangga. Salah satunya Siti (35), warga dari Goalpara, Kabupaten Sukabumi. Ia mengaku mendapat informasi dari tetangganya soal OP minyak goreng ini. Siti, yang biasa berjualan gorengan, bersyukur masih bisa mendapatkan minyak goreng pada OP ini.

Kegiatan OP minyak goreng ini merupakan hasil kerja sama jajaran pemerintah pusat dan pemerintah daerah. “Pada hari kedua OP minyak goreng (di Pasar Pelita) terlihat animo warga masih tinggi,” ujar Kepala Seksi Pengawasan Barang Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Kota Sukabumi M Rifki, saat memantau OP.

Pada OP hari itu disebut disediakan 25 ribu liter minyak goreng. Sebelum di Pasar Pelita, OP sudah dilakukan di sejumlah titik wilayah Kota Sukabumi. Di antaranya di Kecamatan Cikole, Warudoyong, Citamiang, dan Baros, di mana dilaporkan 7.200 liter minyak goreng habis terjual.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Madiun Gelar OP Minyak Goreng untuk Pedagang Kaki Lima

Gelar Operasi Pasar, 25 Ribu Liter Minyak Goreng Digelontorkan

Udunan Online Sukabumi Bantu Renovasi Rumah Ustadz

Upaya Pemerintah Tekan Harga Minyak Goreng, Dari Subsidi Hingga Batasi Ekspor

Bekasi Siapkan 20 Ribu Liter Minyak Goreng untuk Operasi Pasar Kedua

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image