Ahad 23 Jan 2022 09:35 WIB

Bank BJB Jalin Kerja Sama dengan Pertamina Retail

Kerja sama BJB-Pertamina Retail terkait digitalisasi sistem pembayaran dan Pertashop.

Direktur Utama Bank BJB Yuddy Renaldi.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Direktur Utama Bank BJB Yuddy Renaldi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank BJB) menjalin kerja sama dengan Pertamina Retail, anak perusahaan PT Pertamina (Persero). Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman di Kota Bandung.

Penandatanganan nota kesepahaman itu dilakukan Direktur Utama Bank BJB Yuddy Renaldi dan Direktur Utama Pertamina Retail Iin Febrian. Ruang lingkup kerja sama ini, antara lain terkait pengembangan digitalisasi sistem pembayaran (digital payment) dan Pertashop.

“Penandatanganan nota kesepahaman atau MoU antara Pertamina Retail dengan kami bertujuan memberikan dukungan jasa layanan perbankan dalam hal sinergisitas kerja sama bisnis,” kata Direktur Utama Bank BJB Yuddy Renaldi, dalam keterangan persnya, Sabtu (22/1/2022).

Yuddy mengatakan, BJB terus berupaya melakukan kolaborasi dan kerja sama dengan berbagai pihak untuk mendorong kinerja bisnis. Kali ini dengan Pertamina Retail, yang bergerak dalam usaha retail produk Pertamina, khususnya penyaluran bahan bakar di SPBU. Yuddy berharap kerja sama dengan Pertamina Retail ini dapat meningkatan brand image Bank BJB.

Menurut Yuddy, kerja sama dengan Pertamina Retail ini akan menguntungkan bagi Bank BJB. Disebut ada potensi pengendapan dana pihak ketiga (DPK) melalui peningkatan transaksi giro dan deposito dari Pertamina Retail. Selain itu, juga terdapat potensi cross selling.

Dengan adanya kerja sama itu disebut membuka peluang dari yang saat ini telah terjalin, antara lain cash management servicepayroll service, kredit ritel (KGB), kredit komersial, kredit mikro, dana pensiun lembaga keuangan (DPLK), serta jasa layanan perbankan lainnya.

Bersama Divisi Digital Banking, Bank BJB saat ini disebut tengah melakukan penjajakan rencana kerja sama bisnis dengan Pertamina Retail. Di mana nantinya BJB akan tergabung dengan jaringan Bright yang dimiliki oleh Pertamina Retail, sehingga para nasabah BJB dapat bertransaksi menggunakan mesin EDC Bright.

“Kemungkinan bisnis-bisnis lain yang selanjutnya akan dituangkan dalam perjanjian kerja sama,” kata Yuddy.

sumber : Antara  
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement