PJB dan Waskita akan Bangun PLTA 50 mW di Sumedang

Rep: Novita Intan/ Red: Agus Yulianto

 Direktur Pengembangan dan Niaga PJB Iwan Purwana.
Direktur Pengembangan dan Niaga PJB Iwan Purwana. | Foto: Republika/Edi Yusuf

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anak usaha PLN, PT Pembangkit Jawa Bali (PJB), menggaet PT Waskita Karya untuk membangun PLTA di Sumedang. Saat ini, keduanya masih melakukan tahap awal kajian.

Direktur Pengembangan dan Niaga PJB Iwan Purwana menjelaskan, rencananya pembangkit tersebut akan berkapasitas 4 x 12,15 mW. Kerja sama antar kedua BUMN ini ditandai dengan MoU Nota kesepahaman diteken oleh Direktur Pengembangan dan Niaga PJB Iwan Purwana dan Ditektur Bisnis dan Strategis PT Waskita Karya Infrastruktur Ikhwan Zamroni.

"Kerja sama ini dalam mendukung target bauran energi. Saat ini, PJB dengan Waskita Karya sedang melakukan kajian pengambangan PLTA," ujar Iwan dalam keterangan tertulisnya, Senin (24/1/2022).

Iwan menjelaskan, nantinya PLTA ini akan memanfaatkan hulu Sungai Cimanuk sebagai debit utamanya. Kedua BUMN akan bersinergi untuk mempercepat proses pembangunan PLTA ini.

"Harapannya ini bisa beroperasi pada 2026 mendatang untuk menambah porsi bauran energi dan yang tertuang dalam RUPTL hijau dimana kebutuhan PLTA mencapai 50 mW," ujar Iwan.

 

photo
Aliran Sungai Cimanuk di Kampung Cimacan, Tarogong, Kabupaten Garut, Jawa Barat. - (Antara/Wahyu Putro A)
 

Ditektur Bisnis dan Strategis PT Waskita Karya Infrastruktur Ikhwan Zamroni menjelaskan perusahaan juga memiliki concern yang sama dalam pengembangan energi bersih.

"Perusahaan ini melakukan investasi dan mengoperasikan infrastruktur dan fasilitas pada sektor-sektor utama seperti pembangkit listrik, minyak dan gas, pertambangan, properti, transportasi, dan sektor utilitas," ujar Ikhwan.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image