Anda Pehobi Knalpot Bising? Ini Sanksi yang Siap Menjerat

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto

Petugas Satlantas Polrestabes Bandung melakukan sosialisasi ke masyarakat tentang larangan penggunaan knalpot bising di Jalan Merdeka Kota Bandung. Sejumlah pengendara yang didapati memakai knalpot bising ditegur, Rabu (26/1/2022).
Petugas Satlantas Polrestabes Bandung melakukan sosialisasi ke masyarakat tentang larangan penggunaan knalpot bising di Jalan Merdeka Kota Bandung. Sejumlah pengendara yang didapati memakai knalpot bising ditegur, Rabu (26/1/2022). | Foto: Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pengendara sepeda motor yang menggunakan knalpot tidak sesuai pabrikan atau bising di Kota Bandung, siap-siap menerima sanksi ditilang oleh petugas kepolisian. Kebijakan tersebut mengacu kepada Undang-undang nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Sejumlah petugas kepolisian Polrestabes Bandung beserta jajaran polsek melakukan sosialisasi kepada pengendara sepeda motor tentang larangan menggunakan knalpot bising. Salah satunya di perempatan Jalan Merdeka-Jalan Aceh Kota Bandung, Rabu (26/1/2022).

Kapolrestabes Bandung Kombes Polisi Aswin Sipayung melalui Kasatlantas AKBP Ariek Indra mengatakan, petugas terus melakukan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat tentang pelarangan penggunaan knalpot bising. Selain itu, sejumlah spanduk turut dipasang agar masyarakat yang melintas dapat melihat sosialisasi tersebut.

 

photo
Petugas Satlantas Polrestabes Bandung melakukan sosialisasi ke masyarakat tentang larangan penggunaan knalpot bising di Jalan Merdeka Kota Bandung. Sejumlah pengendara yang didapati memakai knalpot bising ditegur, Rabu (26/1/2022). - (Istimewa)
 

"Tadi sudah kita hentikan beberapa pengendara yang masih menggunakan knalpot bising. Kita berikan teguran," ujarnya, Rabu (26/1/2022).

Dia mengatakan, apabila masih ditemukan pengendara motor yang masih menggunakan knalpot bising, maka akan ditindak dengan penilangan. Pihaknya mengimbau, masyarakat untuk mematuhi aturan tersebut agar tidak menganggu yang lain.

Kasatlantas mengatakan, pelarangan penggunaan knalpot bising salah satunya karena menganggu pengendara yang lain dengan suara yang bising.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Polresta Padang Razia Khusus Tindak Pengguna Knalpot Bising

Mobil Terguling Setelah Tabrak Pengendara Motor

Polisi Terjunkan 2.260 Personel Amankan Malam Tahun Baru di Bandung

Viral, Anak 14 Tahun di Bandung Jadi Korban Pemerkosaan dan Dijual Pasangan Suami Istri

Polrestabes Dirikan 19 Pos Pantau Libur Nataru di Bandung

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image