Paguyuban Pasundan: Ridwan Kamil Harus Ambil Tawaran Kepala IKN 

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto

Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Paguyuban Pasundan, Prof Dr HM Didi Turmudzi MSi
Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Paguyuban Pasundan, Prof Dr HM Didi Turmudzi MSi | Foto: Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Presiden Joko Widodo sempat menyebutkan ciri-ciri orang yang akan dipilih menjadi Kepala Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara belum lama ini. Meski baru sebatas sinyal, tapi banyak pihal yang mendorong Ridwan Kamil untuk mengambil tawaran tersebut.

Salah satunya, Ketua Umum Paguyuban Pasundan Prof Dr H Didi Turmudzi yang mengatakan, jika Jokowi merealisasikan harapannya bahwa kepala IKN dipimpin kepala daerah berlatar belakang arsitek dan menawarkan hal tersebut pada Ridwan Kamil, maka tawaran itu harus diambil.

"Tentu bagi Paguyuban Pasundan (menjadi Kepala IKN) ini adalah momentum yang baik, momentum itu tidak ada dua kali, oleh karena itu ini harus diambil," ujar Prof Didi, Kamis (27/2).

Didi menilai, menjadi Kepala IKN bukan hanya urusan jabatan. Tapi juga, bentuk kepercayaan Jokowi pada orang Sunda untuk berkontribusi mewujudkan sebuah cita-cita besar.

"Kalau masuk di situ (Kepala IKN), artinya orang Sunda memberikan kontribusi optimal bagi kelangsungan hidup negara dan bangsa," katanya.

Karena itu, Didi berharap, Jokowi memilih Ridwan Kamil untuk memimpin IKN. Meski sedang memimpin Jawa Barat, menjadi Kepala IKN adalah bentuk penugasan dan kepercayaan dari Kepala Negara.

"Mudah-mudahan kita do'akan beliau dipercaya seterusnya beliau lebih dari itu sing nanjung (semoga berkedudukan tinggi) sing terus (semoga terus) manggung bukan hanya di Jawa Barat, seperti itu," paparnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyebut kriteria Kepala Otorita IKN bernama Nusantara itu adalah kepala daerah dan berlatar belakang arsitek. Otorita IKN Nusantara merupakan lembaga setingkat kementerian yang beroperasi paling lambat akhir tahun 2022. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Ribuan Bencana Terjadi di Jabar, Dampaknya Bisa Diminimalisasi dengan Ilmu 

Jabar Masih Tetap Berlakukan PTM

Presiden Jokowi Diminta tak Tunjuk Ahok Jadi Kepala Otorita IKN

Ridwan Kamil Sebut 31 Pasien Omicron di Jabar Sudah Sembuh

Ekstradisi RI-Singapura, Pukat: Tak Ada Lagi Alasan Koruptor Susah Dipulangkan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image