RSHS Tingkatkan Kapasitas Oksigen Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Muhammad Fakhruddin

RSHS Tingkatkan Kapasitas Oksigen Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 (ilustrasi).
RSHS Tingkatkan Kapasitas Oksigen Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 (ilustrasi). | Foto: EPA-EFE/JAGADEESH NV

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Provinsi Jawa Barat meningkatkan kapasitas oksigen mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19. Pasien yang dirawat akibat Covid-19 mengalami peningkatan sejak satu pekan terakhir.

"Oksigen sudah meningkatkan kesiapan ketersediaan oksigen, kita memiliki 2 tabung besar galon penampung oksigen cair. Kita memiliki 2 kapasitas 9.000 dan 6.000," ujar Koordinator Pelayanan Medik RSHS dr Zulvayanti belum lama ini.

Baca Juga

Ia melanjutkan pihaknya memiliki generator oksigen yang menghasilkan oksigen 20-26 tabung besar untuk ukuran 6 kubik per hari. Sedangkan oksigen konsentrator telah disiapkan 22 buah di IGD dan 80 di ruang perawatan serta menyiapkan peralatan medis lainnya.

Zulvayanti mengatakan kasus Covid-19 di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat mengalami kenaikan sepekan terakhir. Total terdapat 36 pasien Covid-19 yang dirawat dan lima orang diantaranya probable terpapar varian Omicron.

"Di RSHS semenjak satu minggu lalu terjadi kenaikan kasus Covid-19 seperti saat ini tanggal 4 Februari tadi pagi total pasien 36, pasien 9 diantaranya masih di IGD dan 27 di ruang perawatan dan diantara 36 pasien 14 positif dan sisanya masih suspect," katanya.

Ia menuturkan dari beberapa pasien yang terkonfirmasi positif sebanyak lima orang probable Omicron. "Dari beberapa pasien positif kita lakukan pemeriksaan dengan SGTF ada lima pasien probable Omicron," katanya.

Pihaknya berupaya melakukan antisipasi apabila terjadi kenaikan kasus Covid-19 yaitu penambahan tempat tidur bagi pasien Covid-19. Apabila jumlah pasien mencapai 50 orang maka akan menggunakan strategi satu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Penyebaran Covid-19 Meningkat, Polisi Tutup Sejumlah Ruas Jalan

DPRD DKI Apresiasi Kinerja Dinkes Hadapi Omicron di Jakarta

Anak Jalani Masa Isolasi di Rumah, Ini Tanda Perburukan Gejala Covid-19

Jubir Kemenkes: Kalau Batuk-Pilek Segera Tes Covid-19

Kota Sukabumi Berlakukan PTM 50 Persen dari Kapasitas

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

[email protected]

Ikuti

× Image