Kamis 10 Feb 2022 16:11 WIB

Kawasan Pintu Tol Ciawi Ditata, PKL Ditertibkan

Penataan PKL di kawasan ini menjadi salah satu upaya mengurai kemacetan. 

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Agus Yulianto
Kendaraan roda empat dan roda dua terjebak macet di jalur keluar pintu tol Jagorawi menuju puncak, Ciawi, Bogor, Jabar, (Ilustrasi)
Foto: Yasin Habibi/Republika
Kendaraan roda empat dan roda dua terjebak macet di jalur keluar pintu tol Jagorawi menuju puncak, Ciawi, Bogor, Jabar, (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor bersama Jasa Marga melakukan penataan di kawasan Ciawi. Penataan tersebut dilakukan mulai dari penertiban bangunan liar yang digunakan pedagang kaki lima (PKL) di ruang milik jalan (rumija) di Km 47+000. 

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol, pada Pasal 43 Ayat 1 pemanfaatan rumija tol diatur hanya diperuntukkan bagi ruang manfaat jalan tol, penambahan lajur lalu lintas, serta ruang untuk pengamanan jalan. 

Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin mengatakan penataan ini juga dikoordinasikan dengan Pemerintah (Pemkot) Bogor. Sebab sebagian wilayah di kawasan tersebut merupakan wilayah Kota Bogor.

“Waktu Senin-Selasa (7-8/2) kemarin kan Pemkan Bogor sudah melakukan pembongkaran. Lalu untuk dibangun nanti oleh Jasa Marga Pusat. Karena itu di atas tanah Jasa Marga,” kata Ade Yasin, Kamis (10/2).

Ade Yasin mengatakan, penataan tersebut akan dilakukan di pintu keluar dan pintu masuk Tol Ciawi. Penataan rencananya juga akan dilakukan pada pintu Tol Citereup, dan pintu tol lain milik Jasa Marga yang ada di wilayah Kabupaten Bogor.

“Kan pintu gerbang Ciawi, kemarin sudah ditertibkan. Lalu ditata mulai dari awal tahun ini sampai mudah mudahan April sudah selesai,” tuturnya.

Setelah kawasan tersebut dibenahi, ditata, dan dikembalikan fungsinya, diharapkan penataan ini menjadi salah satu upaya mengurai kemacetan. Sebab selama ini, kawasan tersebut dikuasai oleh PKL.

Berdasarkan informasi yang diterima dari Jasa Marga, program penataan untuk sepanjang lajur menuju ke Ciawi, akan dilanjutkan dengan pekerjaan pemasangan pagar panel sepanjang 300 m dan papan informasi barang milik Negara serta dilakukan penanaman Pohon Tabebuya dan jenis pohon lainnya dengan total lebih dari 500 pohon. Rangkaian kegiatan ini diestimasikan selesai sampai dengan tanggal 27 Februari 2022.

Ade Yasin menuturkan, setelah kawasan tersebut ditata, pihak Jasa Marga akan sepenuhnya mengelola dan mengawasi. Sementara Pemerintah Daerah membantunya dengan melakukan memperlihatkan kondisi sebenarnya, serta melakukan penertiban.

Division Head Jasa Marga Metropolitan Toll Road Regional, Raddy Riadi Lukman, menegaskan, penataan ini akan memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan. Selain keindahan dan penambahan ruang hijau, yang terpenting adalah menjaga keselamatan masyarakat itu sendiri.

“Karena jalan tol memang didesain sebagai jalan bebas hambatan dengan kecepatan kendaraan yang telah diatur, sehingga sangat berbahaya jika ada lalulintas orang di sepanjang tol,” tegas Raddy. 

Di samping itu, dia mengatakan, Jasa Marga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menggunakan lahan-lahan di sepanjang jalan tol tanpa izin, untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bersama. 

Sebelumnya, sekitar 22 bangunan liar (bangli) yang diisi oleh para pedagang kaki lima (PKL) di Simpang Ciawi dibongkar petugas, Selasa (8/2). Bangunan liar tersebut terletak di dua kelurahan, yakni di Kelurahan Sindangsari, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor dan Kelurahan Harjasari di Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement