Jumat 11 Feb 2022 02:50 WIB

Wajah Baru Destinasi Wisata Pantai Karanghawu dan Curug Sodong 

Sukabumi adalah kabupaten andalan dalam pengembangan pariwisata internasional.

Rep: Riga Nurul Iman / Red: Agus Yulianto
Pantai Karanghawu
Foto: jabarprov
Pantai Karanghawu

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Gubernur Jawa Barat Jabar Ridwan Kamil meresmikan dua wajah baru destinasi wisata yang masuk kawasan Geopark-Ciletuh, Kamis (10/2/2022) siang. Ke dua lokasi itu yakni Pantai Karanghawu Kecamatan Cisolok dan Curug Sodong Desa Ciwaru Kecamatan Ciemas.

"Kabupaten Sukabumi adalah kabupaten andalan dalam pengembangan pariwisata internasional," ujar Kang Emil sapaan Gubernur Jabar Ridwan Kamil. 

Dikatakannya, tidak semua wilayah mendapatkan gelar sebagai tempat yang diakui secara internasional khususnya oleh UNESCO. Seperti diketaui, Geopark Ciletuh Palabuhanratu mendapatkan pengakuan dari lembaga dunia tersebut. 

Emil menuturkan, sudah takdirnya wilayah Sukabumi menjadi tempat yang diakui oleh internasional. Namun, fasilitasnya harus juga mencerminkan ke internasional. 

"Pemprov memperbaiki dan peresmian ini adalah hari panen dari benih-benih yang ditanam sebelumnya," ujarnya.

Kang Emil mendorong, Pemkab Sukabumi menambah titik-titik untuk kembali membuat destinasi pariwisata baru. Apalagi, Sukabumi memiliki panjang pantai lebih dari 115 Kilometer.

Harapannya, kata Emil, potensi tersebut harus menjadi pendorong kesejahteraan bagi masyarakat dan semoga parawisatanya juga semakin maju dan harus memberikan ruang kepada semua segmen ekonomi. Misalnya, ada hotel kelas menengah dan hotel bintang 5.

"Karena pariwisata bisnis kebahagiaan dan mencari bahagia itu semua harus ada," kata Emil. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement