Kereennnn...Pantai Sayang Heulang Garut Kini Lebih Cantik 

Rep: Bayu Adji P / Red: Agus Yulianto

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil didampingi Wabup Garut, Helmi Budiman, meresmikan wajah baru Pantai Sayang Heulang yang berlokasi di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Ahad (20/2/2022).
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil didampingi Wabup Garut, Helmi Budiman, meresmikan wajah baru Pantai Sayang Heulang yang berlokasi di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Ahad (20/2/2022). | Foto: Dok. Diskominfo Garut

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meresmikan wajah baru obyek wisata Pantai Sayang Heulang di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Ahad (20/2/2022). Menurut Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, objek wisata yang berada di selatan Kabupaten Garut itu telah menjadi lebih cantik dan instagramable setelah dilakukan penataan.

Dia menjelaskan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar menghabiskan anggaran sekitar Rp 14 miliar untuk menata objek wisata Sayang Heulang, yang memiliki garis pantai sekitar 3,5 kilometer. Anggatan itu digunakan untuk membangun beberapa spot baru, yang diharapkan dapat menyedot animo wisatawan.

"Saya sengaja meresmikannya sore, berharap sambil melihat terbenamnya matahari. Karena pantai itu biasanya dinikmati saat pagi dan sore," kata dia, melalui siaran pers yang diterima, Senin (21/2/2022).

Saat ini, terdapat sejumlah spot baru di objek wisata itu. Salah satu spot yang ikonik di Pantai Sayang Heulang pascapenataan yaitu monumen dua sayap elang. 

 

photo
Sejumlah wisatawan bermain di pesisir pantai Sayang Heulang, Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Pantai Sayang Heulang yang mempunyai pesona keindahan alami tersebut menjadi tujuan wisatawan untuk memanfaatkan libur panjang. - (ANTARA/Candra Yanuarsyah)
 

Monumen itu disebut sering dijadikan titik swafoto para wisatawan. Selain itu, terdapat juga belasan gazebo yang berjajar menghadap ke Samudera Hindia, jalur pedestrian yang nyaman juga membentang di sepanjang garis pantai, jembatan, menara pandang, hingga area kuliner di bibir pantai.

Menurut Emil, penataan Pantai Sayang Heulang dilakukannagar ekonomi di sektor pariwisata meningkat. Tak hanya di Pantai Sayang Heulang, sejumlah obyek wisata lainnya di Jabar juga terus diperbaiki secara bertahap.

"Dulu waktu ke sini saya bilang alam Garut selatan itu indah. Karena itu satu per satu harus dikeureuyeuh atau diperbaiki. Hari ini bertahap sudah mulai terlihat termasuk di daerah lainnya," kata dia.

Minta akses jalan diperbaiki

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman berterima kasih kepada Pemprov Jabar yang telah menata Pantai Sayang Heulang menjadi lebih baik. Dengan wajah baru Pantai Sayang Heulang, konsentrasi wisatawan yang selama ini terpusat di Pantai Santolo bisa terpecah.

Helmi menambahkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut juga berharap, kepada Gubernur Jabar agar dapat memberikan bantuan dana untuk perbaikan akses jalan ke Pantai Sayang Heulang. Dengan begitu, masyarakat dapat datang ke Pantai Sayangheulang dengan nyaman. 

"Saya mohon kepada Bapak Gubernur agar juga memberikan bantuan dana tunainya untuk perbaikan jalan ini, sehingga tampat wisata ini bisa jadi tempat wisata yang betul betul menarik, bersih, dan juga betul betul bisa mendatangkan keamanan dan kenyamanan bagi siapapun yang mendatanginya," kata dia.

Emil mengatakan, Pemprov Jabar akan menggelontorkan anggaran Rp 3 miliar untuk memperbaiki jalan di area masuk pantai. Sebab, saat ini masih ada beberapa titik di akses masuk yang masih rusak.

"Nanti jalan yang masih rusak di area dalamnya harus segera kami perbaiki. Kalau bisa pakai di anggaran perubahan 2022, sekitar Rp 2 miliar sampai Rp 3 miliar, saya kira bisa lelangnya cepat. Jadi ke depannya akan lebih nyaman," ujar dia.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Pantai Sayang Heulang Garut Makin Cantik

Memasuki Gelombang Tiga, Ridwan Kamil Beri Arahan ke Kepala daerah

Mesra dengan Anies Baswedan, Ridwan Kamil: Ada Kegiatan

Jabar Terima 30 Juta Liter Minyak Goreng dari Pusat

Ridwan Kamil Resmikan Jembatan Merah Pangandaran

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image