Sabtu 05 Mar 2022 16:54 WIB

AMPI: Ridwan Kamil Layak Disandingkan dengan Airlangga Hartarto

Hasil survei terakhir, elektabilitas Ridwan Kamil cukup tinggi.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. AMPI menilai, Ridwan Kamil layak disandangkan dengan Airlangga Hartarto pada ajang Pilpres 2024.
Foto: ANTARA/Fakhri Hermansyah
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. AMPI menilai, Ridwan Kamil layak disandangkan dengan Airlangga Hartarto pada ajang Pilpres 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI), organisasi sayap partai Golkar, mulai mempertajam strategi pemenangan Pemilu Serentak 2024. Momen munas AMPI menjadi salah satu sarana untuk konsolidasi meraup suara dari kalangan milenial. 

Menurut Ketua AMPI Jabar Ahmad Hidayat, dari sisi calon presiden yang akan didukung, Airlangga Hartarto menjadi sosok yang dipilih sesuai dengan kesepakatan partai. Sisanya, kata dia, pengurus daerah bisa memberikan masukan mengenai pemenangan di daerah, termasuk calon wakil presiden. 

"Pertama, partai sudah jelas dan bulat bahwa calon presiden untuk 2024 adalah Airlangga Hartarto. Kedua, oleh karena itu kita menargetkan Pak Airlangga itu menang," ujar Ahmad, Jumat (4/3). 

Di sisi lain, kata dia, perhelatan pilpres ini perlu ada perpaduan kekuatan antara kekuatan partai politik kekuatan figur dan kekuatan di daerah. "Kami melihat salah satu yang paling layak untuk kita sandingkan dengan pak Airlangga adalah pak Ridwan Kamil, beliau gubernur Jabar di mana hasil survei terakhir elektabilitasnya cukup tinggi," paparnya.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Munas AMPI, Kemas Ilham Akbar mengatakan, acara digelar selama empat hari, dimulai pada 6 Maret 2022 di Kota Bandung. Pembukaan dihelat di Gedung Merdeka dan dilanjutkan di Hotel Pullman. 

"Kenapa di Bandung, karena pemudanya banyak. Gedung Merdeka juga dipilih karena lekat dengan sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Kami berharap spirit ini bisa menjadi inspirasi para pengurus, mengkonsolidasi terkait program utama, kaderisasi kontribusi dan pemenangan pemilu 2024," paparnya.

Hal lain yang dibahas, kata dia, adalah mempertajam pula program inkubasi bisnis bertajuk Muda Karya Raya untuk merangkul anak muda. "Ada satu program khusus Muda Karya Raya, inkubasi milenial untuk upgrade skill, workshop supaya anak muda punya kemampuan dasar  akan kita jadikan unggulan di Munas ini strategi begitu," katanya.

Munas AMPI yang dihadiri secara terbatas itu, beberapa tokoh Golkar termasuk Ketua Umum, Airlangga Hartarto. Bahkan, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pun masuk dalam daftar undangan. 

"Nanti rangkaian acaranya ada pemilihan ketua AMPI juga dan ada layanan vaksinasi booster Covid-19 untuk masyarakat Kota Bandung," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement